Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

3 Cara Patch Test Skincare, Langkah Awal Mengecek Kecocokan Skincare

Kintan Lestari,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Cara Patch Test Skincare, Langkah Awal Mengecek Kecocokan Skincare
Image: Ilustrasi skincare. (Freepik)

Jakarta - Urbanreaders, sadar nggak sih kalian kalau saat beli skincare kita sebenarnya gambling? Ya, karena kita nggak tahu apakah produk skincare itu cocok atau nggak di kulit kita.

Nah, cara mengetahui produk skincare cocok atau tidak tentu saja dengan mencobanya langsung ke kulit yakni dengan cara uji tempel atau yang lebih familiar disebut patch test.

Skin patch test dilakukan untuk mengetahui reaksi negatif pada kulit terhadap kandungan tertentu dalam sebuah produk skincare atau produk pewarna rambut.

Untuk melakukan skin patch test kamu tinggal oleskan produk skincare-nya ke bagian kulit tertentu di tubuh, seperti lengan bagian dalam, belakang telinga, atau bagian samping leher.

Area-area tersebut jadi spot bagus untuk mencoba sebuah produk karena jarang terkena air, dan kalau sampai iritasi letaknya tidak begitu terlihat sehingga tidak mengganggu penampilan.

Meski demikian, melakukan patch test tidak boleh asal. Ada tata caranya ya, guys. Berikut tata cara melakukan skin patch test untuk mengetahui apakah produk skincare kamu cocok atau tidak.

1. Pakai Sendirian

Misalnya kamu beli beberapa produk skincare baru minggu ini, jangan langsung patch test semua produknya. Lakukan patch test produknya satu-satu, dan di satu spot saja. Jangan berbarengan. 

Supaya kelihatan mana nih produk yang bikin iritasi. Kalau langsung kamu patch test semua produknya, nanti begitu iritasi kamu akan bingung produk mana yang menyebabkan iritasi.

2. Diamkan 24 Jam

Setelah kamu oleskan produk skincare-nya, kamu tutup area tersebut dengan kapas atau plester. Setelahnya, diamkan selama 24 jam.

Kalau setelah 24 jam plester dibuka kulitmu tidak bermasalah, artinya produk tersebut cocok untukmu. Tapi kalau misalnya baru beberapa jam kamu merasa kulit di area tersebut panas atau gatal, maka langsung buka plesternya dan segera cuci area kulit yang kamu oleskan produk skincare tadi.

Untuk yang kulitnya tidak bermasalah setelah 24 jam percobaan, jangan langsung pakai dulu produknya ya. Coba lakukan patch test sampai 3 hari untuk benar-benar memastikan kulitmu tidak akan alergi atau iritasi.

3. Tes di Kulit yang Bersih

Saat melakukan patch test, pastikan kamu mengoleskan di kulit yang 'bersih'. Maksudnya area kulit itu sudah dibersihkan dan tidak sedang luka, atau berjerawat, atau iritasi.

Itu dia Urbanreaders cara untuk melakukan patch test guna mengetahui kulitmu bereaksi atau tidak dengan skincare baru. Dan ingat ya, patch test perlu dilakukan semua pemilik jenis kulit.

Jadi buat kamu yang baru aja beli skincare baru, ingat lakukan patch test terlebih dulu ya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait