beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

3 Tips Rebus Daging Biar Cepat Empuk Tanpa Presto

Griska Laras,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
3 Tips Rebus Daging Biar Cepat Empuk Tanpa Presto
Image: Ilustrasi daging kambing. Sumber: Pixabay

Jakarta – Sajian berbahan dasar daging, terutama sapi dan kambing, hampir selalu tersedia di Hari Raya Idul Adha. Daging ini dimasak menjadi berbagai olahan mulai sop hingga yang perlu dimasak cukup lama seperti rendang. 

Sebelum diolah menjadi berbagai aneka hidangan, daging perlu direbus dahulu untuk menghilangkan bakteri dan membuat teksturnya empuk. 

Salah satu cara praktis merebus daging agar cepat empuk biasanya menggunakan panci presto. Tapi jika tidak memiliki panci kedap udara itu, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut. 

Rebus dengan api kecil 

1647597519-Merebus-(freepikvaleria-aksakova).jpegSumber: Merebus (freepik/valeria_aksakova)

Cara cepat rebus daging kurban agar empuk adalah dengan menggunakan api kecil agar matang secara merata. Biasanya waktu merebus daging cukup 30 – 40 menit saja. Tapi pada beberapa bagian, seperti kaki dan iga memerlukan waktu sedikit lebih lama. 

Potong berlawanan dengan serat 

1626760169-Pixabay---VartanMercadanti.JPGSumber: Ilustrasi daging. Sumber: Pixabay/VartanMercadanti

Teknik memotong daging ternyata berpengaruh pada teksturnya. Cara memotong yang keliru bisa membuat daging keras dan alot. Sebaiknya potong daging berlawanan dengan serat sehingga cepat empuk ketika direbus. 

Rebus dengan ‘Aturan 5 – 30 – 7’

1594434216-daging-sapi.jpgSumber: Ilustrasi daging merah. (Freepik)

Dari beberapa cara merebus daging agar cepat empuk, aturan 5 – 30 – 7 paling banyak dipakai. Sebab selain efektif, cara ini juga bisa menghemat gas. Aturan 5 – 30 – 7 yang dimaksud adalah rebus selama 5 menit, diamkan selama 30 menit, dan rebus kembali selama 7 menit. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait