menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

4 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Diselingkuhi

Itha Prabandhani,
6 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Cara Memperbaiki Hubungan Setelah Diselingkuhi
Image: Ilustrasi pasangan (Freepik/jcomp)

Jakarta - Salah satu masalah terberat dalam hubungan pacaran maupun menikah adalah perselingkuhan. Masalah yang satu ini bakal bisa bikin hubungan bubar jalan. Perselingkuhan akan menghilangkan kepercayaan, menutup jalur komunikasi, dan membuat kedekatan batin jadi hilang.

Kerap kali, pasangan yang menghadapi masalah perselingkuhan berakhir dengan perpisahan. Namun, ada pula pasangan yang berhasil menyelesaikan masalah dan melanjutkan hubungan setelah perselingkuhan terjadi.

Namun, hubungan yang berlanjut dengan sakit hati karena diselingkuhi, butuh usaha lebih dari keduanya. Selain menyembuhkan sakit hati, mengembalikan kepercayaan juga bakal perlu proses dan waktu.

Terus, gimana dong caranya? Yuk, simak tips dari Urbanasia berikut ini.

1. Biasakan Dialog yang Sehat

1614913668-pasangan-di-ranjang.jpgSumber: Ilustrasi pasangan (Freepik/Prostooleh)

Meski hati masih terluka, hindari cara komunikasi yang menyakiti pasangan. Misalnya, menyindir, mengungkit kesalahan pasangan, atau emosional ketika nyenggol ke topik sensitif.

Biasakan untuk berbicara dengan logis dan sehat, terutama saat menyampaikan perasaan dan ekspektasi terhadap pasangan. Tentu saja, kamu dan dia perlu lebih berhati-hati dalam memilih kata yang tidak menyinggung.

2. Saling Memaafkan

1616740170-minta-maaf---freepik-katemangostar.jpgSumber: Ilustrasi minta maaf. (freepik/katemangostar)

Salah satu kunci sukses sebuah hubungan adalah kemampuan untuk minta maaf dan memaafkan. Kalau kamu sebagai pihak yang salah, akui dengan ‘jantan’ bahwa kamu telah menyakiti pasangan. Lalu, tunjukkan niat baik kamu untuk memperbaiki hubungan.

Sebaliknya, jika kamu adalah pihak yang disakiti, bangun kekuatan untuk bisa memaafkan kesalahan pasangan dan bersama-sama membangun lagi hubungan yang lebih solid.

3. Hindari Memancing Masalah

1616740210-berdebat-sehat---freepik-yanayla.jpgSumber: Ilustrasi berdebat sehat. (freepik/yanayla)

Meski pasangan telah melakukan kesalahan fatal, jangan jadikan kesalahan itu sebagai cara untuk selalu menjatuhkan dia. Misalnya, kamu dan dia lagi berantem karena hal lain, hindari memancing masalah yang lebih besar dengan mengungkit kesalahannya di masa lalu.

Selain nggak akan menyelesaikan masalah, kebiasaan ini juga akan membuat kamu dan dia makin terpancing emosinya. Akibatnya, masalah jadi makin rumit dan gak fokus.

4. Ikhlas

1614212630-nikah-tanpa-pacaran---freepik-senivpetro.jpgSumber: Ilustrasi menikah tanpa pacaran/Freepik: Seniv Petro

Meskipun sulit dilakukan, mengikhlaskan kesalahan pasangan adalah salah satu cara yang bakal membuat sakit hatimu sembuh. Cobalah untuk berpikir seandainya situasinya dibalik dan kamu yang melakukan kesalahan, bagaimana kamu ingin diperlakukan oleh pasangan. Toh, pada akhirnya kamu dan dia sepakat untuk melanjutkan hubungan, kan?

Namun, jika hal itu sudah kamu coba dan kamu masih sulit untuk move on, cobalah untuk berkonsultasi pada ahlinya atau minta nasihat pada orang yang kamu percayai. Kalau itu pun sudah mentok, mungkin saatnya kamu pertimbangkan untuk berpisah.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait