beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

4 Tips Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Elga Nurmutia,
10 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
4 Tips Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Image: Ilustrasi Darah Tinggi (Freepik/senivpetro)

Jakarta - Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi) merupakan salah satu penyakit yang bisa menjadi penyakit sillent killer.

Tekanan darah berkaitan dengan seberapa banyak darah yang dipompa oleh jantung dan seberapa besar hambatan yang terjadi dalam aliran darah di arteri. Jika semakin sempit arterinya, makan tekanan darah semakin tinggi.

Tekanan darah dianggap normal jika lebih rendah dari 120/80 mm Hg. Tekanan darah diangap tinggi jika 130/80 mm Hg, bahkan lebih.

Tekanan darah tinggi ini dapat diakibatkan oleh sejumlah faktor. Namun, kebanyakan faktornya dari keturunan maupun genetik dan tidak melakukan pola hidup sehat.

Urbanasia akan membagikan 4 tips turunkan darah tinggi dari berbagai sumber, sebagai berikut.

1. Tingkatkan Aktivitas dan Olahraga

1629440328-Olahraga-di-kawasan-Ancol.-(Instagram-@ancoltamanimpian).jpgSumber: Olahraga di kawasan Ancol. (Instagram @ancoltamanimpian)

Bagi orang dewasa yang melakukan pelatihan aerobik mampu menurunkan tekanan darah dengan rata-rata 3,9 sampai 4,5 persen. Maka, baiknya setera dengan sejumlah obat tekanan darah.

Bukan hanya itu, rutin melakukan olahraga juga mampu meningkatkan detak jantung dan pernafasan. Seiring berjalannya waktu jantung kamu akan menjadi lebih baik dan juga lebih kuat saat memompa darah. Hal itu dapat mengurangi tekanan dalam arteri serta darah.

2. Kurangi Konsumsi Gula dan Karbohidrat Olahan

1615552025-konsumsi-makanan---freepik-bearfotos.jpgSumber: Ilustrasi makan. (Freepik/bearfotos)

Berdasarkan penelitian, jika membatasi konsumsi gula dan karbohidrat olahan dapat membantu menurunkan berat badan serta dapat turunkan tekanan darah. Maka, sebaiknya perlu melakukan diet rendah karbohidrat dan juga rendah gula dalam upaya menjadi lebih sehat.

3. Berhenti Merokok

1621854220-makanan-berlemak---freepik-karlyukav.jpgSumber: Ilustrasi konsumsi minuman hangat. (Freepik/karlyukav)

Ketika kamu berhenti merokok, maka kesehatanmu akan baik secara menyeluruh. Hal itu dikarenakan merokok menimbulkan peningkatan tekanan darah serta detak jantung dengan langsung, akan tetapi sementara.

Jika berlangsung dalam jangka panjang, bahan kimia dalam tembakau bisa membuat tekanan darah meningkat dan merusak dinding pembuluh darah sehingga menyebabkan peradangan, dan juga membuat arteri sempit.

4. Tidur Nyenyak

1630934202-ilustrasi-tidur.jpgSumber: Ilustrasi tidur siang. (manbob86/Pixabay)

Tekanan darah bisa turun ketika kamu tidur. Pasalnya,kondisi tidak tidur nyenyak akan memberikan pengaruh pada tekanan darah.

Untuk itu, kamu perlu tidur teratur dan juga nyenyak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait