Hot News

Jakarta - Menjadi pihak yang selalu dipersalahkan pastinya nggak nyaman banget kan, guys? Disalahkan dan dianggap sebagai pihak yang harus bertanggung jawab dalam setiap kejadian, bisa bikin panas hati.

Menurut pendapat ahli, ada berbagai alasan yang membuat seseorang suka menyalahkan orang lain. 

Salah satunya, merasa nggak enak hati tentang kejadian tersebut dan ingin menghilangkan perasaan bersalahnya. Tapi, alih-alih menyesal dan bertanggung jawab, ia malah menimpakan kesalahan pada orang lain.

Tapi, gimana kalau orang yang selalu menyalahkan kita adalah pacar sendiri? Mau berdebat dan membela diri, jadinya malah bertengkar. Tapi, mengalah dan membiarkan diri dipersalahkan, lama-lama capek juga. Terus, mesti gimana dong?

Berikut sederet cara yang bisa kamu coba, guys! 

1. Jangan Buru-buru Baper

1588035782-baper-di-tempat-kerja.jpgSumber: Ilustrasi bertengkar dengan pacar (Freepik)

Ada kalanya apa yang disampaikan pacar ada benarnya. Kamu mesti membuka diri untuk introspeksi dan menyadari apakah memang benar bahwa kamu juga berkontribusi terhadap permasalahan ini.

Untuk bisa melakukan ini, kamu jangan buru-buru baper, emosi, atau tersinggung duluan. Hadapi dengan kepala dingin biar kamu juga bisa bersikap adil terhadap situasi ini.

2. Sampaikan Perkara dari Sudut Pandangmu

1600141817-zodiak-ungkit2-kesalahan3.jpgSumber: Ilustrasi mengungkit kesalahan pacar (Freepik)

Pacar perlu tahu bagaimana kamu memandang situasi ini. Karena itu, jangan ragu untuk menyampaikan pendapat dan sudut pandangmu terhadap masalah ini.

Pastinya, kamu perlu sabar dan pelan-pelan dalam menyampaikan pendapatmu. Pacar yang suka menyalahkan biasanya emosinya yang main duluan. 

Karenanya, lebih baik kalau kamu sampaikan juga bukti-bukti yang bisa membantunya melihat perkara ini dengan lebih logis.

3.  Katakan Bahwa Ini Menyakitimu

1593679369-baikan-setelah-bertengkar2.jpgSumber: Ilustrasi bertengkar (Freepik)

Selain menyampaikan pendapatmu, kamu juga perlu menggambarkan perasaanmu padanya. Katakan pada pacar bahwa terus disalahkan telah membuat perasaanmu terluka. 

Misalnya, ‘aku kecewa dengan cara kamu melihat masalah ini’, atau ‘aku sakit hati karena terus disalahkan.’ 

Sesudahnya, kamu dan pacar mesti sangat terbuka dan membahas masalah ini dengan jujur. Sehingga, kamu pun bisa mengerti kenapa pacar bersikap seperti itu.

4. Memahami Alasan Pacar

1593679452-baikan-setelah-bertengkar3.jpgSumber: Ilustrasi bertengkar (Freepik)

Meski sulit, cobalah untuk memahami alasan pacar menyalahkan kamu. Dia mungkin menyalahkanmu karena merasa gengsi untuk mengaku salah, ingin merasa diri lebih baik, atau kurangnya rasa tanggung jawab. 

Dengan memahami alasan ini, kamu bisa lebih memakluminya dan mencari solusi yang tepat untuk masalah ini.

5. Beri Batasan

1593495156-baikan-setelah-bertengkar4.jpgSumber: Pixabay

Pada satu titik, kamu nggak bisa berdiam diri dengan kebiasaan pacar yang terus menyalahkanmu. Kalau kamu biasa mengalah dan menerima begitu saja, pacar akan merasa bahwa hal itu oke-oke aja dilakukan.

Padahal, kamu yang makan hati. Karena itu, beri batasan dan ketegasan bahwa kamu tidak bisa menerima perlakuan seperti itu terus menerus, apalagi kalau kamu nggak salah sama sekali. Ajak pacar untuk bersama-sama menghadapi masalah dan bertanggung jawab untuk mengatasinya.

 


Loading ..