Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

5 Cara Hemat Bensin Motor Biar Nggak Boros

Anisa Kurniasih,
8 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Cara Hemat Bensin Motor Biar Nggak Boros
Image: Ilustrasi naik motor (Suzuki Indonesia)

Jakarta - Bahan bakar (bensin) merupakan kunci utama agar sepeda motor dapat beroperasi. Tanpa bensin, tenaga tidak akan bisa dihasilkan. Namun, situasi macet kerap kali membuat bahan bakar sepeda motor terasa boros. 

Akhirnya, kamu pun harus mengeluarkan budget lebih untuk mengisi bensin. Situasi ini tentunya membuat orang-orang jadi sulit untuk berhemat. 

Untuk menyiasatinya, terkadang beberapa kendaraan bahkan disetel secara khusus. Sayangnya kendaraan yang disetel tersebut tidak dapat berlari kencang. 

Nah, kini kamu nggak perlu bingung guys, karena ada beberapa cara lain yang bisa dilakukan agar kendaraanmu bisa hemat bensin. Berikut ulasannya seperti dikutip dari situs Suzuki Indonesia.

1. Jangan Panaskan Motor Terlalu Lama 

1627473413-Knalpot-Motor-(6).jpgSumber: Ilustrasi knalpot motor. (Pixabay)

Kegiatan memanaskan motor diperlukan untuk menjaga mesin tetap bekerja, apalagi kalau motor kamu jarang digunakan. Biasanya, memanaskan motor dilakukan pagi hari sebelum berangkat kerja. 

Hanya saja, memanaskan motor tidak perlu dilakukan dalam waktu lama bahkan sampai 15 atau 30 menit ya guys. kamu cukup memanaskan motor maksimal 5 menit saja. Alasannya, terlalu lama memanaskan hanya akan membuang bahan bakar sia-sia. Selain itu juga kurang baik terhadap lingkungan. 

2. Perhatikan Kapasitas Beban Motor 

1633925875-Ilustrasi-mengendarai-motor-(Pixabay-Skitterphoto).jpgSumber: Ilustrasi mengendarai motor (Pixabay/Skitterphoto)

Setiap kendaraan memiliki kapasitas beban yang berbeda-beda. Nah, kapasitas ini rupanya akan mempengaruhi bodi dan cc motor. Itu mengapa tidak baik memberikan beban yang lebih dari kapasitas karena akan menuntut mesin bekerja keras. 

Apalagi jika kamu sering melewati area jalanan tanjakan sehari-hari yang bikin mesin pembakaran bahan bakar lebih banyak. Motor sudah pasti lebih boros dibandingkan sebelum mengangkut beban berlebih. 

Nah, sebelum membeli motor sebaiknya kenali berapa beban yang harus ditanggungnya sehari-hari. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan motor dengan kapasitas beban yang tepat.

3. Gunakan Oli Berkualitas

1601358390-ganti-oli-motor.jpgSumber: Ilustrasi mengganti oli motor di rumah (federaloil.co.id)

Peranan pelumas pada kendaraan sangat penting demi menjaga kinerja mesin. Performa motor akan menurun ketika kamu menggunakan oli berkualitas buruk apalagi oli bekas. 

Tanpa oli yang berkualitas kinerja tarikan motor jauh lebih berat yang sudah pasti membuat bahan bakar semakin boros. Padahal, kamu hanya perlu mengganti oli setiap 2.000 km hingga 3.000 km. Jadi, menggunakan oli berkualitas juga jadi cara menghemat bensin motor. Pastikan kamu menggunakan jenis oli sesuai anjuran dari bengkel resmi motor ya.

4. Gunakan BBM Oktan Tinggi 

1633056284-indikator-bensin.jpgSumber: Ilustrasi. (Pixabay/hikuafa)

Selain oli, bahan bakar yang digunakan juga berpengaruh sangat besar. Bahan bakar yang bagus memiliki oktan tinggi minimal adalah 92. Sedangkan bahan bakar oktan tinggi dijual dengan lebih mahal. 

Banyak yang mengira bahwa BBM oktan tinggi mahal kemudian beralih ke oktan rendah yang lebih murah. Padahal BBM oktan tinggi ini justru jauh lebih irit ketika digunakan daripada oktan rendah loh. 

Tinggal apakah kamu ingin memilih BBM oktan rendah tapi boros atau oktan tinggi yang sedikit lebih mahal tapi irit. Selain dapat menghemat kantong, bbm oktan tinggi juga bagus untuk mesin karena sisa pembakarannya minim. 

5. Rutin Bersihkan Filter Udara 

1630499034 sepeda motor -mbll.jpgSumber: Ilustrasi sepeda motor (Pixabay/mbil)

Filter udara turut menjadi pengaruh besar borosnya bensin motor. Fungsi komponen ini adalah menjaga supaya udara yang masuk ke ruang bakar dalam kondisi bersih. Nah, tersumbatnya filter karena kotoran juga mempengaruhi suplai udara. 

Kurangnya suplai udara itu nantinya akan membuat bahan bakar terbuang sia-sia dan motor jadi lebih boros. Padahal kamu hanya perlu rutin membersihkan filter udara bahkan menggantinya jika sudah tidak layak pakai. 

Filter udara sebaiknya dibersihkan setiap motor mencapai 2.000 km, sedangkan penggantiannya adalah 8.000 km hingga 10.000 km. Penggantian bisa jauh lebih cepat tergantung dengan kondisi jalan yang dilalui harian.

Itu dia lima tips simpel yang bisa bikin bensin motormu irit guys. Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait