beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Batal Naik Gaji dan Jabatan

Kintan Lestari,
7 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Hal yang Bisa Dilakukan Jika Batal Naik Gaji dan Jabatan
Image: Ilustrasi promosi karier. (Freepik/pressfoto)

Jakarta - Bekerja di sebuah perusahaan tentu kita memberikan sesuatu ke perusahaan, misalnya memenuhi target perusaahan atau mensukseskan suatu proyek. Dan sebagai balasannya perusahaan juga memberikan sesuatu pada kita sebagai karyawan, seperti upah maupun bonus tambahan.

Dan semakin lama bekerja tentu karyawan juga berharap mendapat lebih pada perusaahan, misalnya promosi.

Siapa sih yang nggak mau dipromosiin? Promosi kan artinya kenaikan gaji atau jabatan, meski tanggung jawabnya juga bertambah. Tapi pasti karyawan ingin dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi.

Apalagi kalau selama ini kamu selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan hasilnya bagus. Pasti dalam hati ada harapan dapat promosi dari atasan kan. Atau kamu mengajukan sendiri promosi karena kinerja kamu bagus.

Tapi sayangnya, kenyataan untuk bisa dipromosikan tidak semudah itu. Kalau kamu dipromosikan ya selamat, tapi kalau tidak bagaimana. Apa yang harus kamu lakukan?

Buat kalian yang permintaan promosinya ditolak, berikut 6 hal yang bisa kamu lakukan seperti dilansir The Balance Careers.

1. Terima Perasaan Kecewa Kamu

Apapun permintaan kamu, pastinya sedih kan kalau ditolak. Begitu juga saat kamu meminta promosi di kantor tapi ditolak. Pasti rasa sedih dan kecewa menghinggapi dirimu. Tapi terima saja perasaan sedih itu.

Beri dirimu waktu untuk memproses semua emosi yang kamu rasakan. Curhat ke teman yang mau mendengarkan cerita kamu. Akan lebih mudah untuk menerima situasi yang sulit ketika kamu punya pendengar yang pengertian.

2. Lakukan Penilaian Diri

Coba pikirkan lagi soal keinginan promosi kamu. Kamu ingin dipromosikan apakah karena menyukai posisi tersebut, atau hanya ingin kenaikan gaji. Kalau ternyata sebenarnya kamu ingin yang kedua, solusinya bisa dengan pindah perusahaan.

Cari tahu juga pendapat orang luar. Apakah menurut mereka kamu layak mendapatkan promosi. Kalau menurut rekan-rekanmu kinerja kamu so-so, maka masuk akal bos kamu tidak memberikan promosikan.

3. Tetap Profesional

Kamu pasti kecewa permintaan promosi kamu ditolak. Itu perasaan yang wajar kok. Tapi jangan karena ditolak kamu jadi malas kerja. Tetaplah profesional di kantor. 

4. Minta Umpan Balik Dari Manajer

Setelah diputuskan kamu tidak dapat promosi, coba minta umpan balik dari manajer atau orang yang berkepentingan dalam mengambil keputusan tersebut tentang alasan kamu tidak mendapatkan promosi. 

Cari tahu apa yang bisa kamu lakukan untuk membuat diri kamu memenuhi syarat untuk itu di masa depan.

5. Jangan Bandingkan Diri dengan Orang Lain

Misalnya permintaan promosi kamu ditolak tapi temanmu diterima, pasti ada rasa kecewa, iri, nggak terima. Tapi ingat, tahan dorongan untuk membuat perbandingan dengan orang lain di sekitarmu. Ini tidak akan membuat kamu lebih dekat dengan promosi.

Itu dia Urbanreaders 5 hal yang bisa kamu lakukan kalau promosimu ditolak. Semoga informasinya bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait