Jakarta - Mendengarkan lagu menjadi aktivitas yang digemari banyak orang baik saat sedang santai, dalam perjalanan ataupun saat sedih dan suntuk.

Lagu yang terdiri dari berbagai genre biasanya punya pesan tersendiri untuk pendengarnya. Tak cuma itu, berbagai kisah dan cerita juga biasanya terkandung dalam setiap lirik di dalamnya.

Namun, tidak semua lagu di dunia ini diciptakan untuk membuat hati tenang. Sejumlah lagu terlarang bahkan diciptakan untuk menyakiti bahkan membuat seseorang depresi karena mendengarkannya loh, guys. Bahkan lagu terlarang  ini dianggap bisa membuat pendengarnya kehilangan nyawa.

Waduh, kira-kira lagu apa aja ya, guys? berikut ulasannya!

1. Gloomy Sunday

Di urutan pertama ada Gloomy Sunday. Lagu ini merupakan sebuah lagu terlarang karangan Rezso Serres, seorang musisi asal Hungaria dan ditulis pada tahun 1933.

Lagu ini mengisahkan kekasih seorang musisi, banyak yang beranggapan kekasih Rezso Serres, yang tewas karena bunuh diri. Lagu ini mencapai puncak kepopuleran setelah dibawakan oleh Billie Holliday di tahun 1941.

Parahnya, kepopuleran lagu ini juga meningkatkan angka bunuh diri loh, guys. Tak hanya yang mendengarkan saja, sang penulis dan penyanyinya pun juga tewas karena bunuh diri.

2. Nina Bobo

Lagu Nina Bobo pastinya nggak asing lagi ya di telinga kita, Urbanreaders. Lagu dikenal sebagai pengantar tidur untuk anak-anak. Namun, hingga kini belum diketahui dengan jelas loh siapa penciptanya dan bagaimana asal-usulnya.

Tapi, berbagai cerita mistis banyak muncul dari lagu ini. Konon, lagu ini diciptakan oleh istri Kapten Van Rodjnik di zaman Belanda untuk putrinya Helenina Mustika. Putrinya tersebut sulit untuk tidur maka sang ibu membuatkan lagu dan menyanyikannya.

Hasilnya justru berkebalikan, Helenina makin sulit tidur hingga membawanya menuju kematian. Setelah kematiannya, Helenina menghantui keluarganya dan minta dinyanyikan lagu Nina Bobo.

Sebuah cerita versi lain juga mengatakan, lagu Nina Bobo aslinya dinyanyikan seorang ibu pada anaknya yang telah tewas namun dengan keadaan mata yang masih terbuka. Sang ibu bernyanyi sambil berharap si anak bisa beristirahat dengan tenang.

3. My Way

Lagu My Way ditulis oleh Paul Anka yang diberikan untuk penyanyi Frank Sinatra. Kabarnya, lagu ini menjadi lagu kutukan di tempat-tempat karaoke di negara asalnya, Filipina.

Hal tersebut menjadi salah satu faktor yang membuat lagu ini memiliki reputasi buruk di negaranya. Banyak warga yang meninggal setelah menyanyikan My Way di tempat karaoke. Ada juga yang membantah bahwa My Way adalah lagu kutukan dan mereka menganggap faktor tempat karaokelah salah satu penyebabnya.

4. Reverse

Reverse adalah lagu milik Karl Mayer. Tak seperti kebanyakan lagu, lagu terlarang ini berisikan suara-suara yang janggal, seperti jeritan-jeritan dan suara kelelawar loh, guys.

Selain itu, lagu ini juga konon bisa membuat pendengarnya menjadi gila bahkan tewas apabila mendengarkan terlalu lama. Lagu Reverse dilarang didengarkan selama 2 jam nonstop karena sugesti yang dihasilkan akan memengaruhi kondisi mental dan kejiwaan.

Sejarahnya, lagu ini dibuat untuk menginterogasi tawanan agen spionase Perang Dingin yang enggan buka mulut. Bahkan, beberapa orang sampai kehilangan nyawa karena terlalu lama mendengarkan lagu ini.

5. . Requiem for A Tower

Requiem for A Tower merupakan salah satu soundtrack dari film The Lord of The Rings dan merupakan lagu dari album Clint Mansell and Nathan Duvall.

Lagu Requiem for A Tower kabarnya membuat yang mendengarkan menjadi seorang pembunuh. Menurut kesaksian seorang korban selamat, pelaku akan membunuh banyak orang dengan cara menembaki dengan senapan.  Bahkan, pelaku membunuh korbannya sambil mendengarkan lagu dari headset. Wajah si pelaku saat membunuh berekspresi datar. Kejadian di tahun 2011 tersebut telah merenggut nyawa 76 orang.

Salah satu orang yang nyaris jadi korban mengungkap bahwa pelaku tersebut menembaki puluhan orang dengan senapan, sambil mengenakan headset di telinganya dan memasang wajah datar tanpa ekspresi.

Ih serem ya, guys. By the way, kalian pernah dengerin lagu yang mana nih?

Komentar
paper plane