Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

5 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dalam Islam

Kintan Lestari,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan dalam Islam
Image: Daun bidara. (Pinterest/Mas Fikr)

Jakarta - Pohon bidara atau Indian Jujube merupakan tanaman yang istimewa karena seluruh bagiannya bermanfaat, termasuk daunnya. Memang apa sih manfaat daun bidara? Manfaat daun bidara ada banyak loh.

Sebelum kita berbicara manfaat daun bidara, Urbanreaders perlu tahu dulu nih apa itu pohon bidara. Pohon bidara adalah tanaman yang dalam Al-Quran disebut sebagai pohon surga.

Al-Quran surat Al-Waqi'ah ayat 27-30 juga menjelaskan mengenai pohon ini.

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ () فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ () وَطَلْحٍ مَنْضُودٍ () وَظِلٍّ مَمْدُودٍ

Waashhabul yamini ma ashhabul yamin. Fi sidrim makhdud. Wa thalhim mandhud. Wa dzillim mamdud.

Artinya: “Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tak berduri. Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya). Dan naungan yang terbentang luas.”

Dalam Al-Quran pohon bidara di surga disebutkan tidak berduri, namun pohon bidara yang ada di dunia masih berduri.

Seluruh bagian pohon tersebut punya manfaat bagi manusia, termasuk daunnya. Manfaat daun bidara bisa untuk kegiatan sehari-hari juga kesehatan tubuh.

Daunnya yang menyirip menyerupai daun jeruk nipis itu rupanya dapat digunakan untuk memandikan jenazah, pengobatan, ruqyah, sampai mengusir jin.

Sementara untuk kesehatan, daun bidara umumnya dikonsumsi dalam bentuk minuman air rebusan daunnya. Berikut manfaat daun bidara untuk kesehatan:

1. Mengatasi Sariawan dan Bibir Pecah

1597803386-kering.jpgSumber: Freepik

Di dalam daun ini terkandung antioksidan yang mana dapat mencegah bakteri di dalam mulut. Oleh karena itu, daun ini bisa digunakan untuk mengatasi sariawan dan bibir yang pecah-pecah.

2. Membantu Penderita Insomnia

1619053463-insomnia---freepik-karlyukav.jpgSumber: Ilustrasi insomnia. (Freepik/karlyukav)

Bagi yang tengah insomnia, meminum teh dari daun bidara bisa loh mengatasi masalah tidurmu itu. Sebab di dalam daun ini terkandung senyawa saponin yang punya khasiat menenangkan. Dengan demikian, meminum teh daun bidara ibarat meminum obat tidur yang alami.

3. Menyembuhkan Luka dengan Cepat

1616136298-luka.jpgSumber: Ilustrasi luka. (Freepik/shayne_ch13)

Kalau kamu sedang terluka, baik lecet atau tergores benda tajam, coba deh obati dengan daun bidara.
Daun bidara punya sifat antiinflamasi dan antibakteri yang mana kedua sifat tersebut sangat membantu dalam proses regenerasi kulit. Di dalam daun ini juga ada kandungan glikosida yang dapat menghilangkan bekas luka dan menyembuhkan luka bakar.

Untuk menyembuhkan luka kamu bisa mengonsumsi air rebusan daunnya, atau bisa juga dengan mencampur ekstrak daun bidara dengan air hingga jadi pasta kemudian balurkan ke kulit yang luka.

4. Menurunkan Kolesterol

1608004526-kolesterol.jpgSumber: Ilustrasi kolesterol. (Freepik)

Bagi yang punya masalah kolesterol, daun bidara bisa jadi solusinya. Daun ini bila direbus akan mengeluarkan serat yang mana serta dari air rebusan daun tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat.

5. Mengatasi Masalah Pencernaan

1602208981-pencernaan.jpgSumber: Masalah pencernaan (Freepik)

Buat yang asam lambungnya suka naik, coba deh konsumsi air rebusan daun bidara. Air rebusan daun ini bisa mengeluarkan racun yang terdapat dalam sistem pencernaan serta mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

Itu dia Urbanreaders manfaat dari daun bidara untuk kesehatan tubuh. Semoga penjelasan ini bermanfaat untukmu!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait