menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

5 Tanda Kamu Sudah Mengikhlaskan Mantan

Itha Prabandhani,
6 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tanda Kamu Sudah Mengikhlaskan Mantan
Image: Ilustrasi mengikhlaskan mantan (Freepik/teksomolika)

Jakarta - Terkadang, butuh waktu lama buat kita benar-benar melepaskan orang yang pernah kita sayangi. Meski sang mantan pernah menyakiti, bayangan akan dia sulit untuk hilang dari benak kita.

Nah, yang kayak gini nih bikin kamu sulit move on. Akibatnya, kamu jadi kurang maksimal dalam menjalani kehidupanmu selanjutnya karena terus melihat ke belakang.

Namun, seiring dengan waktu, kejadian pahit di masa lalu bisa kamu lupakan dan ikhlaskan, kok. Kamu nggak lagi dihantui masa lalu, masih merasa kecewa dengan perlakukan mantan, ataupun masih sering berandai-andai tentang dia.

Untuk tahu apakah kamu benar-benar udah move on dan mengikhlaskan kepergian mantan, ada beberapa tanda yang bisa kamu lihat dan rasakan.

1. Nggak Kepo Lagi Sama Dia

1616555022-cara-lupakan-mantan2---freepik-yanayla.jpgSumber: Ilustrasi move on dari mantan (Freepik/yanayla)

Di dunia serba digital seperti sekarang ini, kamu bisa mendapatkan informasi apapun dari internet dan media sosial. Termasuk, jika kamu mau stalking si mantan.

Melihat postingannya, bagaimana kabarnya sekarang, atau apakah dia lebih sukses dan bahagia daripada kamu, adalah salah satu tanda kamu masih menyimpan sedikit rasa. Sebaliknya, jika kamu udah nggak penasaran dengan kehidupan mantan dan segala sesuatu tentang dia, sepertinya kamu sudah move on dari dia.

2. Nggak Merasa ‘Ada yang Hilang’

1604546380-tipe-mantan-berdasarkan-zodiak.jpgSumber: Ilustrasi tipe mantan berdasarkan zodiak. (Freepik)

Saat baru putus hubungan, biasanya kita akan merasa ada bagian dari diri kita yang ‘hilang’ atau ‘kosong’. Itulah yang bikin kita merasa sedih dan butuh untuk mengisi kekosongan itu.

Berbagai cara dilakukan untuk mengisi bagian yang ‘hilang’ itu, mulai dari cari pacar pelampiasan, menyibukkan diri dengan pekerjaan, atau menekuni hobi baru. Namun, saat sudah merasakan ‘sense of fulfilment’ dalam diri, kamu merasa nggak perlu lagi mengisi bagian yang kosong dari dirimu. Sehingga, tanpa sang mantan pun, hidup kamu happy-happy aja tuh.

3. Yang Dulu Indah, Sekarang Biasa Aja

1620093967-tanda-ikhlasin-mantan---freepik-arthurhidden.jpgSumber: Ilustrasi mengikhlaskan mantan (Freepik/arthurhidden)

Pastinya kamu dan mantan punya kenangan manis, kan? Sesimpel makan bakso bareng atau kebiasaannya membukakan pintu untukmu. Bagi kamu, hal itu dulu so sweet banget, sehingga saat kamu lihat pasangan lain yang melakukan kebiasaan yang sama, kamu pun jadi auto sedih. Namun, kalau sekarang kamu lihat hal-hal itu dan B aja, tandanya kamu sudah tidak lagi menghubungkan hal itu dengan sang mantan.

4. Bisa Mengambil Hikmah

1614220726-bahagia-(3).jpgSumber: Ilustrasi bahagia/Pexel: Andrea Piacquadio

Masa-masa awal diputusin pasti sulit banget buat melihat sisi positif dari perpisahan ini. Yang ada, kamu cuma merasa sakit hati dan hidup ini nggak adil padamu.

Tapi, kalau sekarang kamu sudah bisa menyadari bahwa perpisahanmu dengan dia adalah yang terbaik, artinya kamu sudah mulai menerima bahwa dia memang seharusnya lepas dari hidupmu. Bahkan kamu bisa bersyukur dan mengambil hikmah atas perpisahan ini.

5. Kamu Happy dengan Dirimu Sendiri

1597889433-bantu-teman-move-on3.jpgSumber: 5 Cara Bantu Teman Move On dari Putus Cinta (Freepik)

Tanda yang paling penting bahwa kamu sudah mengikhlaskan dia adalah bahwa kamu bisa happy dengan dirimu sendiri. Kamu nggak lagi menjadikan sang mantan sebagai ukuran kebahagiaanmu. Tanpa dia pun kamu bisa sukses, meraih apa yang kamu impikan, dan nggak ada lagi rasa kecewa karena tak bisa berbagi kebahagiaan dengan sang mantan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait