Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
Beautydoozy

5 Tips Menghentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan

Kintan Lestari,
7 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
5 Tips Menghentikan Kebiasaan Menunda Pekerjaan
Image: Ilustrasi menunda pekerjaan (Unsplash/Pedro da Silva)

Jakarta - Urbanreaders, siapa nih yang masih suka menunda pekerjaan? Sudah tahun 2022 loh.

Menunda pekerjaan memang enak, kita bisa santai-santai. Tapi pas deadline sudah dekat, akhirnya kita mengerjakan tugas tersebut sampai begadang.

Mumpung masih awal tahun nih, yuk mulai perbaiki kebiasaan buruk di tahun lalu, seperti kebiasaan menunda pekerjaan. Bagaimana caranya?

Berikut 5 tips menghentikan kebiasaan suka menunda pekerjaan seperti dirangkum Urbanasia dari berbagai sumber.

1. Singkirkan Gangguan

1641901443-nunda-pekerjaan-2.jpgSumber: Ilustrasi menunda pekerjaan (Unsplash/Nubelson Fernandes)

Coba kamu pikirkan lagi, selama ini kamu sering menunda pekerjaan karena apa. Apakah karena asyik scroll TikTok atau main game? Kalau misalnya kamu menunda pekerjaan karena main game, artinya kamu harus menyingkirkan video game-nya dari hadapanmu saat hendak mengerjakan tugas. Kalau masalahnya di media sosial, berarti kamu perlu menyingkirkan ponsel kamu.

2. Buat Goal yang Sederhana

1631255878-laptop-pixabay.jpgSumber: Ilustrasi laptop. (Pixabay/Free-Photos)

Salah satu alasan menunda pekerjaan karena melihat goals-nya sulit dicapai. So, supaya terhindar dari sifat buruk itu, mulailah dengan goals yang sederhana dan mudah dicapai. Dengan cara tersebut maka kamu tidak akan merasa terintimidasi oleh pekerjaan. 

3. Buat Prioritas

1618451332-prioritas---freepik-elnurfreepik.jpgSumber: Ilustrasi bekerja (Freepik/Elnurfreepik)

Memprioritaskan pekerjaan atau tugas merupakan cara lain untuk membantu menghindari menunda-nunda. Buatlah daftar tugas apa yang harus diselesaikan pertama, dikerjakan kedua, dan seterusnya. 

Prioritaskan tugas yang paling penting atau dekat dengan deadline terlebih dahulu. Dengan selesainya tugas yang penting, maka tugas berikutnya akan tampak lebih mudah diatur.

4. Tentukan Deadline

1641901838-deadline.jpgSumber: Ilustrasi deadline. (Pexels/RODNAE Productions)

Tips lain untuk menghindari nunda pekerjaan adalah dengan menetapkan tenggat waktu alias deadline. Penting untuk menetapkan satu tanggal tertentu kapan kamu ingin menyelesaikan sebuah proyek sebelum hari H deadline-nya. 

Jadi misalnya deadline kamu 2 minggu, kamu set deadline selesaikan pekerjaan dalam waktu 12 hari. Cara ini juga membuat kamu masih punya waktu untuk memperbaiki pekerjaanmu apabila ada sesuatu yang tidak diinginkan.

5. Beri Hadiah ke Diri Sendiri

1609987221-cuek-(1).jpgSumber: Ilustrasi hadiah. (Freepik)

Siapa sih yang nggak suka hadiah? Semua orang pasti suka kan. Nah, memberi hadiah ke diri sendiri juga bisa membantumu lepas dari kebiasaan menunda pekerjaan. Dan hadiahnya nggak perlu yang wow banget.

Misalnya kamu menjanjikan dirimu kalau berhasil menyelesaikan tugas kantor atau sekolah dalam waktu 2 jam, maka kamu akan marathon serial kesukaanmu.

Itu dia Urbanreaders 5 tips yang bisa kamu coba untuk menghentikan kebiasaan menunda pekerjaan. Selamat mencoba!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait