beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Catokan

Kintan Lestari,
27 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
6 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Catokan
Image: Ilustrasi mencatok rambut. (Freepik/sergio_pulp)

Jakarta - Rambut adalah mahkota wanita. Maka dari itu, rambut harus dirawat dan ditata dengan baik. Rambut yang on point akan membuat harimu lebih berwarna dan kamu jadi percaya diri. Sebaliknya, kalau kamu lagi mengalami bad hair day, bawaannya mood buruk dan kamu juga jadi nggak pede.

Salah satu cara untuk memiliki momen good hair day adalah dengan mencatok rambut. Dengan mencatok rambut, kamu bisa menata gaya rambutmu sesuai selera, baik lurus atau keriting. Meski fungsi utama catokan untuk meluruskan rambut, tapi kamu tetap bisa kok mengeriting rambut dengan alat tersebut.

Lalu mencatok rambut juga bisa bikin rambutmu kelihatan lebih bervolume, mudah diatur, dan tidak mudah kusut. So, nggak heran banyak cewek yang rela bangun lebih pagi supaya bisa catokan lebih dulu sebelum pergi kerja atau hangout.

Tapi nih ya, tanpa kamu sadari kamu sudah membuat kesalahan nih saat catokan. Yuk, kita bahas 6 kesalahan yang sering dilakukan saat catokan.

1. Pakai ke Rambut yang Sudah Lurus

Ini adalah salah satu kesalahan yang biasa dilakukan. Kalau kamu rambutnya lurus, atau atau hanya sedikit bergelombang, sebenarnya kamu nggak perlu catokan. Alat ini bisa digunakan untuk membuat rambut jadi ikal atau bergelombang, tetapi jika rambut kamu sudah lurus, ya nggak perlu dicatok lagi. Itu malah akan merusak rambutmu.

2. Mengatur Catokan pada Suhu Terlalu Panas

Hayo, siapa nih yang sering melakukan kebiasaan ini? Pasti banyak kan di antara kalian yang melakukannya. Banyak yang menyetel catokan langsung ke suhu tertinggi supaya proses meluruskan cepat beres. Padahal hal itu tidak baik untuk rambut. Baiknya mulai dulu dari suhu rendah, lama-kelamaan juga catokan suhunya akan meningkat. Yang terpenting, jangan lupa pakai heat protectant dulu sebelumnya supaya helai rambut tidak rusak.

3. Tidak Pakai Heat Protectant

Sama seperti sebelumnya, ini juga kesalahan yang sering banget dilakukan, yaitu langsung menempelkan catokan panas ke rambut. Padahal cara yang benar adalah kamu perlu menyemprotkan heat protectant lebih dulu. Soalnya produk tersebut akan melindungi batang rambut dari kerusakan.

4. Menekan Terlalu Keras

Kesalahan berikutnya yang umum dilakukan adalah menekan catokan terlalu kuat ke rambut. Kalau kamu melakukan hal ini, bekas catokannya jadi akan berbekas di rambut. Jadi, hindari sama sekali menekan catokan terlalu kuat. Alasan kedua jangan menekan catokan adalah karena membuat rambut malah jadi lebih sulit untuk diurai. 

5. Mencatok Rambut di Area yang Sama

Karena ingin rambut sangat lurus, banyak yang jadi mencatok rambut di area yang sama berulang kali. Itu adalah kesalahan terbesar karena cara tersebut akan meningkatkan kerusakan rambutmu.

6. Meluruskan Bagian Besar Rambut

Kesalahan lain yang sering dilakukan ketika catokan adalah langsung mencatok sebagian besar area rambut. Seperti diketahui, ketika catokan kamu harus membagi rambut jadi beberapa bagian kecil. Tapi karena memakan waktu lama, akhirnya banyak yang jadi mencatok area besar rambut dengan tujuan mempersingkat waktu. Kebiasaan tersebut hanya akan meluruskan rambut di area luar saja, sementara bagian tengah rambut tidak.

Demikian 6 kesalahan yang sering dilakukan saat catokan. Mulai sekarang, hindari kesalahan-kesalahan di atas ya supaya hasil catokan kamu bagus dan rambut juga tidak rusak.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait