Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

7 Khasiat Daun Binahong dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Elga Nurmutia,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Khasiat Daun Binahong dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan
Image: Daun binahong. (Freepik/heruawan)

Jakarta - Bagi kamu pecinta tanaman herbal pasti sudah tidak asing lagi dengan daun binahong. Khasiat daun binahong ini mampu mengatasi berbagai penyakit. Artinya, daun binahong memiliki dampak yang baik bagi kesehatan. 

Binahong ini adalah tanaman rambat yang memiliki segudang manfaat. Dalam membudidayakannya, biasanya dilakukan di pekarangan. Maka, Binahong ini merupakan salah satu TOGA atau Tanaman Obat Keluarga.

Kali ini, Urbanasia akan membagikan khasiat daun binahong dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021), sebagai berikut.

1. Meningkatkan Daya Tahan dan Stamina Tubuh 

Ketika cuaca yang tidak menentu, ada baiknya menjaga daya tahan tubuh dengan daun binahong. Rupanya, daun binahong memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan dan stamina tubuh. Kamu hanya perlu merebus satu lembar daun binahong menggunakan dua gelas air hingga menyisakan setengahnya. Kamu bisa meminum air rebusan tersebut dengan rutin sehari satu kali.

2. Gagal Ginjal  

Daun binahong mampu secara efektif mengobati permasalahan gagal ginjal. Kamu hanya perlu merebus 10 gram - 15 gram daun binahong yang segar disertai segelas air hingga mendidih. Kamu bisa minum air rebusan daun binahong sebanyak tiga kali dalam sehari sebelum makan.  

3. Darah Rendah  

Daun binahong ini memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah yang ada pada tubuh. Sementara itu, daun binahong efektif dalam mengobati darah rendah. 

4. Batuk  

Rupanya, daun binahong ini bisa menjadi salah satu obat batuk. Dalam mendapatkan khasiatnya bisa minum air rebusan dari daun binahong. Cara ini cocok bagi kamu yang tidak suka minum obat batuk kimia.

5. Sesak Nafas  

Daun binahong memiliki manfaat sebagai obat herbal bagi seseorang yang sesak nafas. Kamu hanya perlu merebus 7 lembar daun binahong disertai 2 gelas air hingga mendidih dan menyisakan satu gelas air. Minumlah air rebusan selagi hangat dan diminum secara rutin.  

6. Lemah Syahwat  

Daun binahong rupanya efektif dalam mengatasi lemah syahwat. Kamu cukup rebus 3-10 lembar daun binahong disertai dua gelas air. Rebuslah daun binahong hingga mendidih dan menyisakan satu gelas air. Minumlah air rebusan selagi hangat dan secara rutin.

7. Diabetes Melitus  

Daun binahong juga ternyata efektif dalam mengobati diabetes melitus. Kamu cukup rebus 11 lembar daun binahong. Minumlah secara rutin air rebusan hangat untuk mendapatkan khasiatnya.

Efek Samping dari Daun Binahong  

Daun binahong memiliki segudang khasiat bagi kesehatan. Namun, tetap saja tidak boleh mengonsumsi dengan berlebihan. Karena, jika kamu mengonsumsi daun binahong berlebihan menimbulkan efek samping, seperti kepala pusing, sulit buang air kecil, mual, muntah, jantung berdebar, kehilangan nafsu makan, sakit kepala, dan juga insomnia. 

Nah, itu dia khasiat dari daun binahong yang bisa Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait