beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Makanan Legendaris Jakarta yang Wajib Coba di HUT ke-495 Ibu Kota

Hanisa Sutoyo,
28 Juni 2022 15.32.43 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Makanan Legendaris Jakarta yang Wajib Coba di HUT ke-495 Ibu Kota
Image: Kerak Telor makanan khas Jakarta (Foto: Pinterest/Widya)

Jakarta - Buat Urbanreaders yang suka wisata kuliner dan mencicipi berbagai hidangan khas Indonesia, terlebih yang berasal dari daerah Jakarta, yuk merapat!

Masih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-495 DKI Jakarta, Grab yang merupakan salah satu aplikasi untuk memesan makanan secara online, kini menyediakan menu 'Resto Legendaris' pada layanan GrabFoodnya nih. 

Hidangan apa saja yang tersedia? Berikut daftar resto legendaris yang menyediakan menu makanan lezat khas Jakarta buat kamu.

1. Soto Betawi

1656404259-Soto-Betawi.jpegSumber: Soto Betawi (Foto: Pinterest/Gourmet Conviction)

Siapa yang belum pernah mendengar makanan yang satu ini? Pastinya sudah nggak asing dong ya di telinga kamu, Urbanreaders. 

Soto betawi merupakan salah satu masakan legendaris masyarakat Betawi yang mulai dikenal pada tahun 1977-1978. Hidangan yang disajikan dengan jeroan ini disiram kuah yang terbuat dari campuran susu dan santan yang dicampur dengan berbagai macam rempah.

Salah satu resto yang menjual makanan melegenda ini adalah Soto Betawi Haji Ma'ruf yang terletak di Gondangdia. Tahukah kamu, Urbanreaders? Tempat makan ini sudah berdiri sejak tahun 1940-an loh. Wah, sudah cukup berumur ya.

Selain itu, ada juga Soto Betawi Haji Mamat di Tomang dan Soto Betawi Roxy Dawarsa di Jakarta Pusat, yang wajib kamu coba. 

2. Asinan Betawi

1656404671-Asinan-betawi.jpegSumber: Asinan Betawi (Foto: Pinterest/Widya)

Hidangan yang satu ini bisa kamu santap di siang hari ketika matahari terik nih, Urbanreaders. Sebab, asinan termasuk jenis makanan yang membantu kamu untuk menyegarkan tenggorokan. 

Asinan betawi terbuat dari berbagai macam sayuran segar yang dimasak seperti acar dengan memadukan rasa pedas, manis dan gurih. Menurut sejarahnya Asinan Jakarta ini berasal dari akulturasi budaya Indonesia dan Peranakan loh.

Buat kamu yang ingin mencobanya, kamu bisa datang atau memesan asinan ini dari restoran Asinan Jakarta Nana di Bogor dan Asinan Betawi Maryam yang ada di Bintaro. 

3. Kerak Telor

1656404854-Kerak-Telor.jpegSumber: Kerak Telor (Foto: Pinterest/Widya)

Kalau menu makanan yang satu ini sih, sepertinya sudah kental sekali ya dengan budaya kuliner masyarakat Betawi ya, Guys? 

Menurut sejarahnya, Kerak Telor ini merupakan eksperimen dari masyarakat Betawi yang memanfaatkan buah kelapa untuk membuat makanan. Kerak Telor ini menjadi salah satu hidangan khas yang selalu ada saat HUT Kota Jakarta.

Untuk mencicipi kerak telor dengan rasa yang lezat, kamu bisa mampir nih ke resto legendaris, yakni Kerak Telor Tunas Betawi dan Kerak Telor Mpo Mar yang berlokasi di Tanah Tinggi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait