Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

7 Manfaat Batu Bara bagi Kehidupan Manusia

Elga Nurmutia,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Manfaat Batu Bara bagi Kehidupan Manusia
Image: Ilustrasi batu bara. (Freepik/Onlyyouqj)

Jakarta - Batu bara asalnya dari tumbuhan yang sudah mati serta tertimbun pada cekungan berair dalam waktu lama mencapai jutaan tahun. Batu bara juga disebut 'emas hitam'. Manfaat batu bara banyak bagi kehidupan manusia.

Kali ini, Urbanasia akan membagikan 7 manfaat batu bara bagi kehidupan manusia, Jumat (15/10/2021), sebagai berikut.

1. Sebagai Tenaga Pembangkit Listrik

Adapun manfaat batu bara sebagai pembangkit listrik. Batu bara juga digunakan menjadi bahan bakar utama pembangkit listrik di berbagai negara, termasuk Indonesia.

2. Menghasilkan Produk Gas

Batu bara dapat menghasilkan sebuah produk gas. Batu bara yang terdapat di bawah tanah pun menghasilkan gas alam secara langsung. 

Sementara itu, gas alami yang berasal dari batu bara murni akan diolah pada tempat pertambangan dan menjadi sejumlah produk, sehingga menghasilkan produk gas. Misalnya, bahan bakar industri, hidrogen serta solar, dan juga pembangkit listrik tenaga gas.

3. Produksinya Tidak Ketergantungan Cuaca 

Batu bara tidak terdapat batasan terhadap waktu ataupun cuaca. Sehingga sumber daya alam ini bisa memproduksi energi secara stabil sepanjang tahun karena tidak ketergantungan cuaca.

4. Membantu terhadap Industri Produk Baja

Adapun baja dapat dihasilkan menjadi sejumlah barang yang dibutuhkan manusia. Misalnya, alat kesehatan, alat pertanian, alat transportasi, bahkan sejumlah mesin pada rumah tangga.

5. Bahan Bakar dengan Bentuk Cair

Minyak merupakan salah satu bahan bakar yang diperlukan, namun jika boros persediaan akan cepat habis. Rupanya, batu bara bisa menjadi bahan bakar  dengan bentuk cair yang mampu menggantikan bahan bakar minyak. 

6. Menghasilkan Mineral Lain

Sisa dari proses batu bara ini dapat digunakan sebagai produksi fenol dan juga naftalen. Fenol ini merupakan bahan yang terdapat pada obat kumur dan sejumlah cairan bersih yang mengandung antiseptik. Sementara itu, naftalen merupakan bahan yang diperlukan dalam melakukan produksi plastik, resin bahkan insektisida.

7. Penggunaan Tar Batu Bara

Adapun, penyulingan batu bara yang mampu memberikan hasil residu yang dikenal sebagai tar batu bara dengan bentuk cair dan  juga memiliki warna hitam pekat.

Tar batu bara seringkali digunakan untuk memperbaiki rumah dan bagunan, maupun produksi kain. Material tersebut banyak diperlukan dalam membuat bangunan tahan air, isolasi bangunan, membuat cat, kain, sampo, dan juga sabun.

Nah, itu dia informasi yang dapat Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait