beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

7 Perpustakaan dengan Fasilitas Lengkap di Jakarta dan Sekitarnya

Annisa Tiara Jelita,
16 November 2022 16.05.24 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
7 Perpustakaan dengan Fasilitas Lengkap di Jakarta dan Sekitarnya
Image: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (Pinterest/@Dwisuci Da'iyah)

Jakarta - Perpustakaan jadi tempat healing terbaik buat mereka yang hobi membaca buku. Selain menyembuhkan, perpustakaan yang dipenuhi buku juga jadi gudang ilmu baru buat para pembaca.

Nah, buat Urbandreaders yang ada di Jakarta, kamu beruntung nih karena bisa mengunjungi banyak perpustakaan dengan fasilitas lengkap di tengah kota.

Berikut adalah deretan perpustakaan di sekitaran Jakarta yang bisa kamu kunjungi.

1. Perpustakaan Universitas Indonesia (The Cristal of Knowlage)

1668589357-Perpustakaan-Universitas-Indonesia.JPGSumber: Perpustakaan Universitas Indonesia. (Pinterest/Andrew Imanuel Ramschie)

Terdapat lebih dari lima juta judul dan berbagai jurnal ilmiah yang dikoleksi perpuastakaan ini. Perpustakaan yang terletak di kampus UI, Depok, Jawa Barat ini memiliki bentuk bangunan yang istimewa karena unik dan dikelilingi oleh banyak pohon serta terdapat danau.

Perpustakaan ini bisa diakses oleh masyarakat umum dengan membayar Rp 5.000. Terdapat komputer, lounge, ruang multimedia, ruang diskusi dan pertemuan, silent room, akses internet, dan ruang laktasi. Terdapat juga aplikasi Online Public Access Catalogue sehingga pengunjung dapat mencari dengan cepat dan mudah literatur yang diinginkan.

2. Perpustakaan Freedom

1668589333-Perpustakaan-Freedom.JPGSumber: Perpusakaan Freedom. (Pinterest/SellaDewi)

Perpustakaan ini bertempat di jalan HR Rasuna Said, Kuningan Jakarta, tepatnya di lantai dasar Gedung Wisma Bakrie. Buka setiap Senin-Jumat jam 9.00-17.00 WIB, perpustakaan ini memiliki koleksi literatur di bidang humaniora, sosial, ekonomi, agama, sampai hubungan nasional. Juga, terdapat jurnal-jurnal lokal, internasional, hingga koran. Di sini, para pengunjung juga bisa mendapatkan akses internet gratis serta layanan fotokopi.

3. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

Perpustakaan ini terletak di Taman Ismail Marzuki, JakartaPpusat. Selain menyediakan buku, terdapat sejumlah fasilitas yang dapat digunakan pengunjung, seperti ruangan multifungsi, ruangan bermain anak, bilik cerita, dan ruang baca privat. Terdapat juga ruang podcast, ruang komputer dan ruang koleksi kejakartaan. Perpustakaan ini mulai buka pukul 9.00 WIB.

4. Baca di Tebet

1668589306-Baca-di-Tebet.jpgSumber: Baca di Tebet. (Instagram/@bacaditebet)

Tawarkan suasana yang nyaman seperti di rumah, perpustakaan ini memiliki 20 ribu buku bacaan yang selalu diperbaharui. Selain buku, perpustakaan ini menyediakan ruang diskusi, ruang temu, ruang baca dan ruang pikir untuk pengunjung. Harga tiket masuk Rp 35.000 per hari.

5. Perpustakaan Kemendikbud

Berdiri sejak 29 November 2004, perpustakaan ini memiliki koleksi 200 ribu judul buku dalam bentuk buku fisik, e book, audio visual, majalan, koran, jurnal dan jurnal elektronik. Terdapat sistem automasi perpusakaan sumber terbuka berbasisi web. Di pepustakaan ini juga terdapat koleksi anak, ruang audio visual, teater mini, hingga layanan fotokopi dan tentu saja akses internet gratis.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait