Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Asteroid Besar Tengah Menuju Bumi, Hampir Seukuran Burj Khalifa

Ardha Franstiya,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Asteroid Besar Tengah Menuju Bumi, Hampir Seukuran Burj Khalifa
Image: Ilustrasi asteroid. (Pixabay)

Jakarta - NASA melaporkan sebuah asteroid besar hampir seukuran gedung Burj Khalifa tengah menuju bumi pada pertengahan Desember 2021

Asteroid ini disebut sebagai 163899 (2003 SD220) dengan memiliki diameter 791 meter, panjangnya mendekati setengah mil. Sementara, Burj Khalifa menjulang tinggi 828 meter.

Namun dilihat dari pengamatan Observatorium Arecibo di Puerto Rico pada 2015 menunjukkan bahwa asteroid tersebut kemungkinan jauh lebih besar, setidaknya memiliki panjang 2 kilometer dan berbentuk seperti ubi jalar.

Melansir The Jerusalem Post, Senin (15/11), NASA justru memiliki pengukuran berbeda. NASA menyebut asteroid itu berukuran sekitar 1,6 kilometer, dan bentuknya mirip kuda nil.

Menurut laporan, asteroid ini akan terbang melewati Bumi pada 17 Desember dalam jarak sekitar 5,4 juta kilometer dari planet dengan kecepatan 5,6 km/detik.

Sebagai perbandingan, jarak antara Bumi dan Bulan jauh lebih dekat dari itu-sekitar 385.000 km. 

Dengan demikian, meskipun diklasifikasikan sebagai Asteroid Berpotensi Berbahaya (PHA) karena ukuran dan jaraknya yang dekat dengan Bumi, tampaknya tidak menimbulkan ancaman bagi planet bumi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait