beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URoto

Aturan Modifikasi Pelat Nomor Mobil agar Tak Kena Tilang

Fitri Nursaniyah,
25 November 2022 15.53.21 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Aturan Modifikasi Pelat Nomor Mobil agar Tak Kena Tilang
Image: Ilustrasi modifikasi pelat nomor kendaraan. (Istimewa)

Jakarta - Modifikasi kendaraan nggak cukup di bagian bodi-nya aja, itu lah mengapa sebagian orang kini mulai melakukan modifikasi pelat nomor, khususnya buat mobil.

Tapi, perlu diingat nih Urbanreaders, sebelum melakukan modifikasi ada aturan yang nggak boleh dilanggar agar mobil kamu bisa terus dipakai berkendara.

Mengingat, penggunaan pelat kendaraan sudah diatur dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Beberapa hal yang dilanggar dalam memodifikasi pelat nomor di antaranya mengubah huruf dan angka, mengubah font, mengubah posisi huruf dan angka menjadi italic, menempel stiker instansi tak resmi, memperkecil atau memperbesar ukuran pelat nomor, menyamarkan huruf pelat nomor, hingga mengubah warna pelat nomor.

Adapun, melansir Lifepal, ini dia deretan part yang bisa kamu modifikasi buat pelat nomor.

1. Modifikasi aksen cahaya

Kamu bisa menambahkan aksen cahaya di sekitar pelat nomor mobil pakai lampu LED. Gunanya, biar di malam hari pelat mobil kamu jadi bercahaya. Pastikan lampu LED yang digunakan tidak mengganggu pengendara lain ya.

2. Modifikasi tempat pelat nomor mobil

Kamu bisa memasang tempat pelat nomor mobil pakai kaca akrilik. Dijamin deh pelat nomor jadi makin cantik. Pastikan kaca akrilik berwarna bening agar tidak mengubah warna pelat nomor mobil, ya.

3. Modifikasi cat pelat nomor mobil

Cat pelat nomor mobil dengan warna yang sama, yakni hitam dan putih. Tujuannya, agar pelat nomor mobil jadi lebih jelas. Apalagi ketika mobil sering digunakan, tak menutup kemungkinan cat pada pelat nomor mobil kamu bisa luntur.

4. Menggunakan stiker

Kamu bisa memodifikasi pelat nomor mobil dengan stiker berpendar yang melapisi bagian font. Jadi, stiker ini tidak akan merubah huruf atau angka pada pelat nomor mobil.

Pada malam hari, stiker berpendar ini akan mengeluarkan cahaya yang menampilkan pelat nomor mobil kamu.

Nah, itu dia tips memodifikasi pelat nomor. Minat melakukannya, Urbanreaders?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait