Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Bahayakah Challenge Fitur 'Add Yours' Instagram? Ini Kata Ahli

Shelly Lisdya,
7 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bahayakah Challenge Fitur 'Add Yours' Instagram? Ini Kata Ahli
Image: Ilustrasi Instagram/Pixabay

Jakarta - Trend di media sosial kian ramai dan diikuti oleh para pengguna, salah satu yang terbaru adalah tantangan stiker informasi di Instagram.

Tantangan atau challenge stiker ini, pengguna Instagram akan menjawab challenge seputar informasi data diri, seperti nama lengkap atau panggilan, alamat rumah, alamat email, nomor telepon, gambar atau foto, hingga detail pribadi.

Namun, challenge seperti ini apakah memiliki dampak besar?

Pengamat budaya dan komunikasi digital dari Universitas Indonesia, Firman Kurniawan Sujono mengatakan, jika tantangan-tantangan seperti ini sangat bahaya apalagi ditempatkan di ranah publik.

Dengan menyebarkan atau menyampaikan informasi data diri di media sosial, dikatakan Firman akan memudahkan para pelaku tindak kejahatan untuk memanfaatkan momen.

"Secara sembarangan menyebarkan informasi pribadi bisa dimanfaatkan. Seperti misalnya, para pengguna itu tiba-tiba ditagih secara online karena data diri seperti nomor hp atau foto selfi digunakan pinjol. Atau kemudian nomor HP, foto diri dan lainnya digunakan untuk penipuan mengatasnamakan dia yang nyebarin itu," katanya kepada Urbanasia, Rabu (23/11/2021).

"Bahkan kita teratur memasang foto kita, menyediakan diri untuk diolah datanya secara detail bahkan wajahnya bayi setiap hari difoto dengan data yang terlalu matang bisa diolah sama orang lain, apalagi NIK, no hp, no rekening," lanjutanya.

Untuk itu, Firman meminta kepada masyarakat Indonesia untuk cermat dalam mengunggah data pribadi di media sosial. Pasalnya, sudah banyak kasus dengan menggunakan data orang lain untuk tindakan kejahatan.

"Kami sudah mengampanyekan tentang bahayanya menyebarkan data pribadi di media sosial. Jadi, kami mengimbau perilaku Anda di media sosial itu sangat berharga bagi orang lain yang menikmati, jadi jangan sembarangan melepas data pribadi," pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait