Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Bareng Pemimpin Dunia, Jokowi Saksikan Pertunjukan Budaya di KTT G20 Italia

Itha Prabandhani,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Bareng Pemimpin Dunia, Jokowi Saksikan Pertunjukan Budaya di KTT G20 Italia
Image: Jokowi menyaksikan pertunjukan budaya di KTT G20 Italia bersama para pemimpin dunia (@jokowi/Instagram)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri kabinet Indonesia menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Roma, Italia.

Dalam acara tersebut, Presiden bersama para petinggi negara lain berkesempatan menyaksikan suguhan pertunjukan seni dan budaya di Museum Nasional Terme di Diocleziano.

“Lewat pukul delapan malam tadi ketika saya tiba di Terme, Roma, gedung kuno yang dibangun di abad ketiga Masehi. Di sinilah pertunjukan kebudayaan digelar sebagai rangkaian dari KTT G20,” tulis Jokowi melalui akun media sosialnya, Minggu (31/10/2021).

Di tempat bersejarah tersebut, Jokowi bersama rombongan dan sejumlah pemimpin negara seperti PM Inggris Boris Johnson, PM Australia Scott Morrison, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, dan juga tuan rumah PM Italia, Mario Draghi, menikmati pertunjukan karya seni berupa musik, hingga tari-tarian.

Seusai pertunjukan budaya, Jokowi menghadiri undangan jamuan santap malam Presiden Italia Sergio Mattarella, di Istana Kepresidenan Palazzo del Quirinale. Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi diagendakan menghadiri sejumlah acara sebagai rangkaian dari penyelenggaraan KTT G20 di Roma, Italia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Joko Widodo (@jokowi)

Berdasarkan keterangan tertulis dari Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Minggu (31/10/2021), Jokowi akan menggelar sejumlah pertemuan antara lain dengan Managing Director IMF, Kristalina Giorgieva, di La Nuvola, pertemuan trilateral dengan Presiden Komisi Eropa, Ursula von der Leyen, dan Presiden Dewan Eropa, Charles Michel, serta pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi.

Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri sesi KTT G20 tentang perubahan iklim dan lingkungan. Jokowi juga akan menghadiri KTT rantai pasok global yang akan dibuka oleh Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Pada sesi penutupan, Perdana Menteri Italia, Mario Draghi, akan menyerahkan keketuaan atau presidensi G20 kepada Presiden Jokowi. Presidensi G20 ini merupakan yang pertama bagi Indonesia dan akan dimulai pada 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

Selepas rangkaian acara di Roma, Jokowi dan rombongan akan bertolak ke Bandara Fiumicino untuk menuju Bandara Glasgow Prestwick International di Skotlandia. Jokowi akan menghadiri KTT Pemimpin Dunia COP26 di Glasgow, Skotlandia, pada 1-2 November 2021.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait