beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

BPOM Segera Terbitkan Izin Penggunaan Vaksin dalam Negeri InaVac

Fitri Nursaniyah,
9 November 2022 09.35.58 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
BPOM Segera Terbitkan Izin Penggunaan Vaksin dalam Negeri InaVac
Image: Vaksin IndoVac. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Salah satu vaksin COVID-19 produksi Indonesia, InaVac, segera mendapatkan Izin Penggunaan Darurat (Emergency Use Authorization/UEA).

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Penny K Lukito mengatakan, EUA untuk vaksin InaVac akan dikeluarkan sekitar 12 November.

"InaVac untuk booster-nya, kira-kira perkiraannya adalah sekitar tanggal 12-an (November), akhir minggu ini, sudah booster, keluar EUA," ucapnya dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR, Selasa (8/11/2022).

BPOM mendukung penuh pengembangan vaksin dalam negeri. Dalam hal ini BPOM juga berperan sebagai regulator asistensi.

Seperti, BPOM melakukan pendampingan dan pengembangan, mulai dari penelitian untuk memenuhi persyaratan good laboratory practice, dan untuk pemenuhan persyaratan good manufacturing practice, good clinical trial practice.

Lalu, BPOM juga mengevaluasi hasil pengembangan obat dan vaksin untuk aspek khasiat dan keamanan mutu.

Terakhir, BPOM juga mendampingi fasilitas produksi vaksin untuk memenuhi persyaratan GMP dan cara produksi obat yang baik (CPOB).

"Kami melakukan pendampingan-pendampingan untuk penyiapan fasilitas, pembangunan fasilitas yang betul-betul memenuhi persyaratan cara produksi obat yang baik," ungkap Venny.

Adapun, vaksin lokal lain produksi BUMN Farmasi PT Bio Farma, IndoVac sudah lebih dulu mendapatkan izin EUA. Vaksin booster ini bisa digunakan oleh orang dewasa di atas usia 18 tahun.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait