beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URamadan

Deretan Masjid Termegah di Indonesia

Nivita Saldyni,
17 April 2022 03.00.01 | Waktu baca 6 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Deretan Masjid Termegah di Indonesia
Image: Masjid Istiqlal. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Jakarta - Indonesia dikenal sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia dengan 231 juta penduduk beragama Islam, menurut data World Population Review di tahun 2021. Tak heran jika Indonesia punya banyak masjid-masjid besar dan megah, Urbanreaders.

Bukan hanya sebagai tempat ibadah, masjid-masjid berikut ini bahkan jadi destinasi wisata religi yang sayang untuk dilewatkan. Sebab masjid-masjid ini punya daya tariknya tersendiri. Penasaran kan? Berikut ini tujuh masjid termegah yang ada di Indonesia:

1. Masjid Istiqlal

1650132469-istiqlal-setkab.jpegMasjid Istiqlal. (Dok Sekretariat Kabinet RI)

Masjid yang berada di Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Kota Jakarta Pusat ini adalah masjid terbesar dan termegah di Indonesia. Jokowi lewat akun Twitter-nya pun pernah menyebut, Masjid Istiqlal sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara yang mampu menampung hingga 200 ribu jemaah.

Nah di balik kemegahannya itu, masjid seluas 9,5 hektar ini juga punya nilai sejarah yang sangat kuat. Masjid Istiqlal adalah masjid yang digagas oleh KH Wahid Hasyim Menteri Agama pertama Indonesia dan beberapa tokoh ulama lainnya sebagai simbol kemerdekaan Indonesia. Untuk itulah masjid ini diberi nama Istiqlal yang dalam Bahasa Arab berarti merdeka. Selain itu, lokasinya yang berdekatan dengan Gereja Katedral juga menjadi simbol toleransi antar umat beragama.

Beberapa tokoh dunia juga pernah menginjakkan kakinya ke masjid ini. Diantaranya Presiden Amerika Serikat ke-42 Bill Clinton, Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama, Pangeran Charles dari Inggris, Presiden Iran keenam Mahmoud Ahmadinejad, Raja Arab Saudi ketujuh Salman bin Abdulaziz Al Saud, dan banyak lagi lainnya.

2. Masjid Al-Akbar

1650132562-Masjid Al-Akbar.jpgMasjid Al-Akbar Surabaya. (Nivita/Urbanasia)

Masjid yang berlokasi di Kota Pahlawan, Kota Surabaya ini adalah masjid terbesar kedua di Indonesia setelah Masjid Istiqlal, Urbanreaders. Dikutip dari laman resminya, masjid yang dibangun di atas lahan seluar 11,2 hektar pada 1995 ini  mampu menampung 30 ribu jemaah.

Bicara soal desain, yang unik dari masjid ini adalah keberadaan sebuah kubah besar di bagian atap yang dikelilingi empat kubah kecil berbentuk limasan. Lima kubah ini menandakan rukun Islam yang kalau dilihat dari dalam maka kamu akan menemukan ornament kaligrafi Al-Qur’an yang indah. Masjid ini juga punya menara setinggi 99 meter yang merepresentasikan Asmaul Husna.

Menariknya lagi, masjid ini juga punya Taman Asmaul Husna yang diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 2020. Di dalam taman itu terdapat sudut tafsir digital, spot-spot yang instagramable, dan rencananya juga akan ada gazebo mualaf sebagai  tempat pembinaan khusus bagi mualaf.

3. Masjid Raya Baiturrahman

1650132485-masjid-aceh-pemprov-aceh.jpegMasjid Raya Baiturrahman. (Pemerintah Provinsi Aceh)

Masjid selanjutnya berada di Kota Banda Aceh, yaitu Masjid Raya Baiturrahman. Dikutip dari laman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, masjid yang dibangun di atas lahan seluar empat hektar itu merupakan salah satu masjid termegah di Asia Tenggara dan mampu menampung hingga 9.000 jemaah.

Masjid yang dibangun pada 1879 di masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda ini punya penampilan yang sangat unik. Masjid ini memiliki tujuh kubah, empat menara dan satu menara induk. Kamu juga bakal menemukan payung raksasa putih khas Masjid Nabawi jika berkunjung ke sini. Berlama-lama di area masjid satu ini juga tak akan membuat kamu bosan. Sebab di halaman depan masjid ada kolam besar yang dikelilingi rerumputan dan tanaman hias.

Sejak dibangun hingga saat ini, Masjid Raya Baiturrahman masih berdiri dengan kokoh. Bahkan kalau Urbanreaders ingat, masjid ini adalah salah satu tempat yang selamat dan tak mengalami kerusakan berarti saat Aceh dilanda gempa dan tsunami dahsyat pada 26 Desember 2004.

4. Masjid Rahmatan Lil ‘Alamin

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait