beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Dijuluki Ratu Herbal, Ini 5 Manfaat Kemangi Bagi Kesehatan 

Griska Laras,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dijuluki Ratu Herbal, Ini 5 Manfaat Kemangi Bagi Kesehatan 
Image: Kemangi/Freepik by Drozdirynga

Jakarta – Kemangi merupakan salah satu herbal yang banyak dipakai dalam bumbu masakan. Gunanya sebagai penambah aroma dan cita rasa. Tak hanya sebagai penyedap hidangan, kemangi sudah lama dipakai dalam pengobatan tradisional ayurveda.

Tanaman berdaun hijau ini bahkan dijuluki ratu herbal karena punya segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut Urbanasia rangkum beberapa manfaat kemangi bagi kesehatan.

1. Mengurangi Stres dan Depresi

1639140690-depresi.jpgSumber: Ilustrasi Depresi (Freepik/8photo)

Menurut Journal of Ayurveda and Integrative Medicine, kemangi terbukti ampuh mengurangi stres dan depresi. Efektivitasnya bahkan disandingkan dengan diazepam dan obat antidepresan. 

Kandungan flavonoid dalam kemangi mampu merangsang neurotransmitter untuk mengontrol energi dan memicu hormon kebahagiaan. Tak hanya itu, senyawa ini juga bisa mengurangi gejala akibat stres, seperti kelelahan, pikun, hingga masalah tidur. 

2. Mencegah Penyakit Jantung 

1647505210-Kelainan-irama-jantung-(Freepikjcomp).jpegSumber: Ilustrasi serangan jantung. (Freepik/jcomp)

Selain flavonoid, daun kemangi juga kaya akan eugenol. Senyawa antioksidan ini mampu mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol yang memicu penyakit jantung. Kandungan magnesium dalam kemangi juga ampuh meningkatkan sirkulasi darah dan memungkinkan pembuluh darah dan otot menjadi lebih rileks. 

3. Anti-inflamasi

1600134523-baringkan.jpgSumber: Ilustrasi  luka terkena benda tajam (Freepik)

Dalam pengobatan tradisional, kemangi sudah lama dipakai untuk merawat luka. Kandungan minyak esensial seperti linalool, eugenol, citronellol, berperan sebagai antibakteri, antijamur, antiinflamasi, dan analgesik sekaligus. Berdasarkan sejumlah penelitian, tanaman ini ampuh mengurangi inflamasi dan rasa nyeri. 

4. Mengurangi Gula Darah 

1602208922-gula-darah.jpgSumber: Cek gula darah (Freepik)

Para pengidap diabetes mungkin bisa memasukan kemangi dalam menu diet mereka. Pasalnya tanaman ini mampu memperlambat proses pelepasan gula darah. 

Tak hanya itu, kemangi juga bisa membantu melawan komplikasi akibat diabetes, termasuk hiperinsulinemia. Hiperinsulinemia merupakan kondisi jumlah insulin yang tinggi dalam darah. 

5. Meringankan Nyeri Sendi 

1644304715-Ilustrasi-nyeri-otot-(freepik-wayhomestudio).JPGSumber: ilustrasi nyeri otot (Freepik/wayhomestudio)

Ekstrak kemangi juga memiliki sifat analgesik atau pereda nyeri. Kandungan etanol dalam kemangi dapat membantu meredakan nyeri artritis dan pembengkakan di tangan dan kaki. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait