menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Dorong UMKM, Sandiaga Uno Sarankan Produk Lokal Jadi Bingkisan Lebaran

Anisa Kurniasih,
9 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Dorong UMKM, Sandiaga Uno Sarankan Produk Lokal Jadi Bingkisan Lebaran
Image: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merasakan keseruan pameran sneakers PlusEnamDua di Mall of Indonesia, Jakarta. (Anisa/Urbanasia)

Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terus berupaya untuk memajukan pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) di tengah pandemi yang belum kunjung usai. 

Sandi pun mengajak masyarakat khususnya kelas atas untuk mencintai produk-produk lokal buatan dalam negeri.

Ia pun menyarankan agar masyarakat bisa saling mengirim hantaran Lebaran dengan produk lokal sebagai langkah untuk memulihkan roda ekonomi pelaku usaha dan pengrajin.

Hal itu disampaikan Sandiaga saat dirinya berkunjung ke pameran sneakers PlusEnamDua di Mall of Indonesia, Kamis (29/4/2021).

"Saya ingin mengajak masyarakat khususnya kelas atas untuk mencintai produk dalam negeri. Cara ini sekaligus bisa menggantikan kehadiran kita di kampung halaman dengan memberi produk lokal yang dikirim sebagai hantaran lebaran," kata Sandi di lokasi.

Ia menilai, produk UMKM kini tak hanya berkualitas bagus, namun memiliki harga murah dengan desain yang kekinian.

Momen Lebaran pun dikatakan Sandi bisa menjadi ini upaya bersama untuk memulihkan ekonomi para pelaku usaha ekonomi kreatif dan anak-anak muda yang bisa mengambil peluang. 

Untuk bisa mengajak masyarakat mencintai produk lokal, Sandi pun mencontohkan untuk memakai produk lokal setiap hari mulai dari baju, sepatu, celana, kacamata dan lain-lain. 

"Saya sendiri pakai barang-barang lokal mulai dari baju, celana, kacamata, semua yang saya pakai saya pastikan lokal, setiap hari saya berkaca dan bertanya, sudahkah saya memakai produk lokal," ungkapnya.

Ia pun berharap, di kondisi pandemi yang masih berlanjut hingga kini banyak pihak-pihak yang terus berinovasi dan berkolaborasi untuk memulihkan kondisi ekonomi pelaku usaha. 

Salah satunya melalui event PlusEnamDua, sebuah upaya dari konsorsium sesama pengusaha yang mempunyai tekad untuk membangun kembali perekonomian dan marak suasana eksibisi dan event.

Event ini garap oleh pihak Solevacation dan dokter Tirta Mandira Hudhi, yang sudah mempunyai pengalaman dalam menjalani event dan eksibisi.

Tak hanya Solevacation, PlusEnamDua juga garap oleh Kick Avenue yang mewakili products dan trend database insights, dan ASRI group selaku pihak venue.

Dimulai dari bidang fashion terutama sektor UMKM, yang terdampak cukup dalam imbas COVID-19, PlusEnamDua menghadirkan event hybrid online-offline yang tetap mengutamakan protokol kesehatan.

Beberapa protokol kesehatan yang akan diimplementasi adalah pembatasan kloter masuk per periode dua jam saat event, transaksi cashless, dan petugas Satgas yang berjaga.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait