Jakarta - Setelah keluar dari penjara, nama Ferdian Paleka sudah lama tak terdengar. Namun kini, usai muncul di channel YouTube Nikita Mirzani, sosoknya kembali menjadi sorotan netizen.

Yup, Ferdian Paleka yang dikenal sebagai 'YouTuber Sampah' usai aksi prank bagi-bagi sembako berisi sampah miliknya itu viral, kini kembali lagi muncul ke publik. Dalam YouTube Crazy Nikmir REAL, Ferdian berbicara blak-blakan kepada Uus dan Nikita Mirzani soal kasus yang menyeretnya hingga ke penjara itu.

Berbeda dari kebanyakan netizen yang membully dan menyalakan Ferdian, Nikita dan Uus tampak mencoba memahami masalah Ferdian dan membelanya. Keduanya pun mengajak netizen untuk memberinya kesempatan kedua. Uus pun menyebut bahwa Ferdian tak semestinya berakhir di balik jeruji penjara atas kenakalan yang dilakukannya.

"Sanksi sosial tuh sudah cukup sebenernya, tidak harus memenjarakan kamu. Namanya juga masih muda, apa sih yang gak kita lakukan ketika masih muda? Kalau lihat-lihat dari umur Anda, waktu-waktunya songong emang," canda Uus kepada Ferdian.

Dalam konten berjudul APA JADINYAA FERDIAN PALEKA KETEMU UUS DAN NIKITA.. PECAAHH SIHH INIII !!! yang diposting pada Sabtu (27/6/2020) itu pula, Uus pun menganggap apa yang dilakukan oleh Ferdian Paleka adalah bentuk dari kenakalan remaja. Hal ini pun juga diakui oleh Ferdian sendiri guys.

"Jadi buat kalian yang ngehina dan jugde gue tentang postingan tentang sampah atau PSK, klarifikasi palsu, semuanya tentang gue itu semata-mata kelakuan gue kalo gue masih muda," kata Ferdian.

Ferdian pun mengaku kecewa dengan beberapa artis dan YouTuber yang membawa-bawa masalahnya untuk diangkat sebagai konten.

"Banyak yang ambil kesempatan dalam kesempitan, siapa aja artis-artisnya coba disebutin," tanya Nikita kepada Ferdian.

Ia pun dengan lantang menyebutkan empat nama artis dan YouTuber yang membuat konten dengan mengangkat masalahnya.

"Artis, kaya Anjie, Young Lex, Baim, terus Atta. Udah itu aja sih yang aku tau. Yang lain jarang nonton sih," katanya.

Uus dan Nikita pun sepakat tak membenarkan aksi rekan-rekannya itu. Mereka pun mengatakan bahwa apa yang dilakukan Ferdian sebenarnya sudah baik, yaitu berniat membagi-bagi rezeki di bulan suci Ramadhan. Namun mereka mengakui bahwa cara Ferdian dengan memasukkan sampah  itu lah yang salah.

"Gue sangat gak setuju dengan konten-konten perempuan dan klik bait lo segala macem, gue sangat tidak setuju. Tapi di sisi lain, lo punya tempat di sini dengan orang-orang bermasalah (Uus dan Nikita)," kata Uus.

Menurut Uus, Ferdian Paleka harus diberikan kesempatan kedua untuk berubah.

"Kenapa akhirnya orang jahat, terus jadi orang jahat banget? Karena dia tidak diberi kesempatan untuk merubah dirinya. Dan gue kasih kesempatan sekecil ini untuk lo ngerubah diri lo," pesan Uus kepada Ferdian.

Uus pun mengungkapkan dirinya tak pernah berkomentar soal masalah Ferdian Paleka karena merasa semua pasti pernah melakukan kesalahan. Ia pun meminta dan mengajak netizen untuk memberi kesempatan Ferdian berubah dan belajar dari kesalahan yang telah ia perbuat.

"Pada akhirnya gue cuma bisa bilang dunia itu lebih jahat kalau kita gak kasih kesempatan kedua kepada orang yang pernah buat kesalahan. Kalau dia (Ferdian) ngelakuin kesalahan lagi, berarti dia gak belajar dan dia akan terima konsekuensinya," tutup Uus.

Sementara itu, Nikita pun ikut menyampaikan pesan untuk Ferdian agar mau belajar dari kesalahan.

"Hidup itu adalah pilihan, yang bisa buat lo rusak bukan cuma diri lo sendiri tapi juga gimana cara lo menangkap kehidupan ini seperti apa," pesannya.

Nikita juga meminta kepada setiap pihak agar tak ada lagi oknum yang mengambil kesempatan dalam kesempitan, seperti kasus Ferdian ini.

"Buat semua yang ambil kesempatan dalam kesempitan dikurang-kurangin. Keuntungan jadi milik kalian, kerugian buat mereka yang diragukan. Dan kalau mau bully tuh bully lah orangnya, jangan ibunya atau keluarganya. Objektiflah dalam melihat sesuatu," tutup Nikita. 

Komentar
paper plane