beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Festival Diplomasi CIFP 2022: Jokowi Bakal Dianugerahi Global Leadership Award

Maulidya Q,
26 November 2022 17.20.34 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Festival Diplomasi CIFP 2022: Jokowi Bakal Dianugerahi Global Leadership Award
Image: Setneg

Jakarta - Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) akan menyelenggarakan Conference on Indonesian Foreign Policy (CIFP) 2022 pada hari Sabtu, 26 November 2022, di The Kasablanka, Mall Kota Kasablanka, Jakarta.

FPCI bersama dengan Pemuda Muhammadiyah, Asosiasi Dosen Indonesia (ADI), Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII), Purna Paskibraka Indonesia DKI Jakarta, dan Indonesia Diaspora Network Global (IDNG) akan menganugerahkan Global Leadership Award kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi sebagai ketua G20 berhasil menjaga keutuhan G20 serta melahirkan G20 Bali Leader’s Declaration dengan kesepakatan dan substansi yang menjawab berbagai permasalahan dunia. Prestasi itu merupakan sebuah tinta emas dalam sejarah diplomasi dan politik luar negeri Indonesia.

Global Leadership Awards akan dianugerahkan untuk Presiden Jokowi karena keberhasilannya dalam menjaga perdamaian dunia, menjembatani perbedaan, dan mengutamakan dialog dalam menyelesaikan permasalahan global.

“Banyak yang mengkhawatirkan KTT G20 sudah rusak permanen dan tidak bisa menghasilkan kesepakatan yang berarti, semua kekhawatiran ini adalah hal yang nyata namun dapat dijawab dengan cemerlang oleh Indonesia dibawah kepemimpinan Jokowi. Indonesia telah berhasil menyelamatkan G20 dan bahkan membuat G20 tetap sebagai motor solusi ekonomi dunia. Ini adalah suatu prestasi internasional Indonesia yang luar biasa dan patut untuk diapresiasi," jelas Pendiri FPCI sekaligus Ketua Panitia CIFP 2022, Dino Patti Djalal lewat keterangan tertulis, Kamis (24/11/2022). 

Sekadar informasi, CIFP sebuah forum non-politis independen yang diadakan setiap tahun sejak tahun 2015. Pada tahun ini, Tema CIFP adalah 'Navigating A Turbulent Ocean'.

Festival diplomasi ini memfasilitasi diskusi publik tentang politik internasional Indonesia dalam berbagai bidang seperti rivalitas kekuatan besar dunia, geopolitik, keamanan, ekonomi, budaya, lingkungan, Indonesia Emas 2045, dan pemuda.

CIFP sebagai wadah dan titik temu bagi para menteri, pejabat pemerintah, duta besar, diplomat, pakar, politisi, selebritas, tokoh masyarakat, perwira militer dan intelijen, peneliti, jurnalis, pengamat, dosen dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Selain pemberian award kepada presiden, CIFP 2022 juga mengundang Menko Investasi dan Kemaritiman Luhut Pandjaitan, Menlu Retno L.P Marsudi, Dian Sastrowardoyo, Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari De-Neefe Suardana, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Gubernur Lemhanas RI Andi Widjajanto.

Kemudian ada, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, Menteri Perdagangan 2011-2014 Gita Wirjawan, Ketua B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani, Kepala BKPM 2016 - 2019 Thomas Trikasih Lembong, Chief creative officer Narasi Jovial de Lopez, dan berbagi tamu pembicara lainnya dari dalam dan luar negeri.

Adapun, acara CIFP 2022 ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Nah, untuk pendaftarannya kamu dapat mengunjungi website di sini!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait