beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Hari Ini, 9 Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027 Jalani Sertijab

Nivita Saldyni,
11 November 2022 16.59.27 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hari Ini, 9 Anggota Komnas HAM Periode 2022-2027 Jalani Sertijab
Image: Anggota Komnas HAM RI periode 2022-2027 saat mengikuti sertijab di Jakarta, Jumat (11-11-2022). (ANTARA)

Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI gelar serah terima jabatan (sertijab) pada Jumat (11/11/2022). Tercatat ada sembilan anggota Komnas periode 2022-2027 yang mengikuti kegiatan ini dan secara resmi menerima jabatan dari anggota sebelumnya.

Sembilan anggota yang terpilih itu adalah Atnike Nova Sigiro, Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian, dan Uli Parulian Sihombing. Mereka dijadwalkan menggelar diskusi bersama anggota Komnas yang lama pada 23 November 2022.

Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik yang berhalangan hadir secara langsung karena tengah berada di Jenewa, Swiss berharap kegiatan ini jadi tradisi. Sebab sebelumnya belum pernah ada serah terima jabatan seperti ini.

"Pemimpin sebelumnya harus memberikan estafet yang baik kepada sembilan anggota Komnas HAM terpilih. Hal itu meliputi soal organisasi kelembagaan, administrasi, maupun dokumen yang sewaktu-waktu bisa digunakan di kemudian hari," ujar Taufan sebagaimana dikutip dari ANTARA, Jumat (11/11/2022).

Menurut Taufan, terpilihnya sembilan orang anggota Komnas ini merupakan hasil kerja keras tim pansel yang dipimpin Prof. Makarim Wibisono menjunjung integritas serta independensi dalam menjaring calon terbaik untuk memimpin Komnas HAM selama 5 tahun ke depan. Oleh karenanya ia yakin anggota yang terpilih merupakan orang-orang terbaik.

Tak lupa Taufan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota tim pansel atas kerja kerasnya. Termasuk almarhum Prof. Azyumardi Azra, salah satu orang yang berjasa dalam tim pansel.

Pada kesempatan yang sama, Atnike Nova Sigiro selaku perwakilan anggota Komnas HAM terpilih periode 2022-2027 mengaku sempat dapat momen tak terlupakan sebelum sertijab. Pertama, ia dapat pertanyaan soal Komnas HAM yabg kerap mengkritik pemerintah meski dasarnya merupakan lembaga negara dan dibiayai negara. Kedua, ia dapat pertanyaan dari salah seorang pegawai di suatu kementerian soal tugas-tugas Komnas HAM.

"Bayangkan, seorang pegawai kementerian tidak tahu tugas Komnas HAM," ujarnya.

Berangkat dari pertanyaan-pertanyaan itu, Atnike berjanji pihaknya bakal memperlihatkan kinerja yang baik. Termasuk juga menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga lain untuk mencapai tujuan sebagai lembaga yang humanis.

"Saya berharap kita bisa bekerja sama termasuk dengan eksekutif, legislatif, yudikatif dan lembaga swadaya masyarakat," pungkasnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait