menu
user
URguide

Hindari 4 Kesalahan Ini saat Kerja dari Rumah

Itha Prabandhani,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Hindari 4 Kesalahan Ini saat Kerja dari Rumah
Image: Ilustrasi work from home (WFH)/Freepik.

Jakarta - Sudah setahun ya guys kita kerja dari rumah alias work from home (WFH)? 

Tapi apakah kamu sudah merasa terbiasa dengan kebiasaan baru ini? Apakah kamu sudah mengubah seluruh cara bekerjamu agar tetap efektif dan produktif selama WFH?

Nah, kalau kamu merasa kerjamu belum maksimal selama WFH ini, mungkin ada beberapa kebiasaan yang perlu diubah, guys. 

Dilansir Forbes, berikut beberapa kesalahan yang perlu kamu hindari saat kerja dari rumah.

1. Kerja di Tempat Tidur atau Sofa

1614047538-kerja-di-tempat-tidur---freepik-sevendeman.jpgSumber: Ilustrasi WFH/Freepik: sevendeman.

Saat kamu kerja di rumah, pastinya kamu bakal cari spot yang paling nyaman buat kerja, kan? 

Salah satu tempat yang bakal menggoda kamu buat cozy bekerja adalah tempat tidur dan sofa. Sebenarnya nggak salah sih untuk mencari kenyamanan, tapi kedua tempat ini rawan bikin kamu kerja sambil tiduran. 

Postur ini nggak bagus untuk dibiasakan karena akan mengganggu kesehatanmu, guys.

Sebaiknya, sediakan satu meja khusus untuk bekerja. Kalau kamu tinggal di kamar kos, aturlah salah satu sudut kamarmu untuk area kerja kamu. 

Cukup sediakan satu meja kecil dan satu kursi yang nyaman yang dapat menopang punggung kamu dengan baik.

2. Malas Koordinasi

1614047579-koordinasi---freepik-ronnachalpark.jpgSumber: Ilustrasi WFH/Freepik:Ronnachalpark.

Koordinasi dengan rekan kerja satu tim sangatlah dibutuhkan, guys. Sayangnya, saat kerja dari rumah, komunikasi kita dengan mereka jadi terbatas melalui media seperti WhatsApp Group, mailing list, dan sebagainya. 

Buat beberapa orang, cara komunikasi dan koordinasi seperti ini lebih sulit ketimbang bicara secara langsung. Selain itu, cara berkoordinasi dengan media juga rawan bikin miskomunikasi. Namun, kamu tetap perlu menjaga komunikasi dengan rekan satu tim. 

Gunakan bahasa yang lugas dan to the point, namun tetap ramah dan sopan. Selain itu, rajin-rajinlah membuka media komunikasi yang disepakati di kantormu, biar kamu nggak dianggap ‘hilang dari peredaran’ setiap kali WFH.

3. Nggak Memperhatikan Kesehatan

1614047568-kesehatan---freepik-ake1150sb.jpgSumber: Ilustrasi WFH/Freepik: Ake1150sb

Saat kerja dari rumah, justru kamu perlu lebih memperhatikan kesehatan fisik dan mental kamu. 

Biasanya, saat kerja di rumah, waktu kerja kamu jadi lebih fleksibel. Beda halnya dengan bekerja di kantor, di mana waktu kerja lebih teratur, seperti kapan coffee break, kapan makan siang, dan kapan waktu selesai bekerja.

Nah, meski kerja dari rumah, kamu juga perlu membiasakan hal serupa, guys. Pasang alarm di waktu-waktu di mana kamu mesti istirahat, makan siang, dan menutup laptop. 

Sistem kerja yang tidak teratur rentan bikin kamu merasa stres. Selain itu, pola makan yang berubah-ubah juga dapat mengganggu pencernaan. Pastinya kamu nggak ingin ini terjadi, kan?

4. Nggak Mau Belajar Hal Baru

1614047588-belajar-hal-baru---freepik-pressfoto.jpgSumber: Ilustrasi belajar hal baru/Freepik:pressfoto.

Di era normal baru ini, banyak hal baru pula yang mesti kita pelajari dalam bekerja, guys. Misalnya, menggunakan perangkat dan aplikasi yang mendukung kerja jarak jauh. 

Agar pekerjaan kamu tetap efektif dan produktif, kenali cara kerja perangkat dan aplikasi seperti penyimpanan data di awan, aplikasi meeting online, maupun penggunaan aplikasi pendukung lainnya. 

Hari gini nggak ada ceritanya kamu nggak bisa kerja maksimal dengan alasan WFH. Karena itu, jangan ragu untuk bertanya dan belajar hal baru, dan jadilah adaptif dengan situasi normal baru ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait