Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Indeks Pemulihan COVID-19: Indonesia Urutan Teratas di Asia Tenggara

Indi Lusiani,
8 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Indeks Pemulihan COVID-19: Indonesia Urutan Teratas di Asia Tenggara
Image: Ilustrasi Pakai Masker. (Pixabay/LDNhân)

Jakarta - Kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia semakin hari semakin membaik. Hal ini turut dibuktikan dengan melesatnya posisi RI dalam Nikkei COVID-19 Recovery Index atau Indeks Pemulihan COVID-19 Nikkei.

Indeks tersebut menilai negara dan wilayah dalam manajemen infeksi, peluncuran vaksin, dan mobilitas sosial. Semakin tinggi ranking suatu negara, berarti semakin dekat mereka menuju pemulihan dari COVID-19.

Melansir Nikkei Asia, indeks tersebut melakukan penilaian pada 121 negara di seluruh dunia. Pada indeks per 30 September, Indonesia berada di urutan ke-54 dengan total skor 54,5. Posisi ini melompat jauh dari sebelumnya, yaitu urutan 92 dalam indeks per 31 Agustus.

Berbeda dengan Cina yang selama ini duduk di posisi teratas, justru kali ini negara tirai bambu tersebut harus puas di urutan ke-9. Saat ini urutan ke-1 global dipegang oleh Malta dengan skor 73, disusul Chile dan Bahrain di posisi 2 dengan skor 72.

Tak hanya Indonesia, negara lain di ASEAN yang mengalami peningkatan adalah Malaysia, dari peringkat ke-115 kali ini naik ke peringkat ke-102.

Namun, tiga negara ASEAN yakni Filipina, Laos, dan Vietnam menempati 4 terbawah dalam daftar ini. Vietnam ada di urutan ke-118 dengan skor 33, Laos ke-120 dengan 31,5, dan Filipina sebagai juru kunci di urutan ke-121 dengan skor 30,5.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait