beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Ini 6 Manfaat Charcoal untuk Kecantikan

Kintan Lestari,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ini 6 Manfaat Charcoal untuk Kecantikan
Image: Ilustrasi sheet mask charcoal. (Freepik/tadevosky)

Jakarta - Pemilik kulit berminyak dan acne-prone biasanya punya masalah kulit pori-pori besar, mudah berjerawat, dan wajah bak kilang minyak. Semua masalah itu bikin nggak pede kan.

Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah-masalah kulit yang dialami pemilik kulit berminyak dan acne-prone, salah satunya adalah arang, yang lebih familiar disebut charcoal. 

Bahan satu ini cukup sering terdapat di produk kecantikan, khususnya produk bagi pemilik kulit beminyak dan acne-prone. Memang apa sih yang bisa dilakukan charcoal untuk kecantikan? Yuk, simak manfaat charcoal di bawah ini, Guys.

1. Membuat Tampilan Pori-pori Tampak Kecil

1617673934-kulit-berpori-besar---freepik-samphao.jpgSumber: Kulit berpori besar/Freepik by Samphao

Arang aktif akan membantu membuka pori-pori dengan membiarkannya bebas dari kotoran. Jadi kamu nggak perlu khawatir pori-pori tersumbat karena kotoran atau minyak yang menumpuk di dalamnya karena charcoal akan membersihkan seluruhnya.

Tapi perlu diingat ya, pori-pori bukan sesuatu yang elastis sehingga bisa membesar dan menyusut. Kalau ada yang bilang pori-pori besar jadi mengecil sebenarnya ukuran pori-pori kamu tidak berubah, namun karena dalamnya bersih, maka jadi kelihatan ukurannya mengecil. Ukuran pori-pori ditentukan oleh genetika dan tidak dapat diubah secara permanen.

2. Membantu Eksfoliasi

1617673963-eksfoliasi---freepik-wayhomestudio.jpgSumber: Eksfoliasi/Freepik by Wayhome Studio

Untuk proses eksfoliasi, charcoal adalah bahan aktif yang baik untuk membantu proses tersebut. Teksturnya yang sedikit berpasir membuatnya menjadi exfoliant yang efektif dan alami. Cara kerja charcoal seperti spons yang akan menyerap minyak di wajah. 

So, nggak heran bahan aktif ini cocok untuk mereka yang punya oily skin. Menggunakan arang di wajah juga dapat menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit sehingga nantinya memperlihatkan kulit yang halus dan segar di bawahnya.

3. Mengatasi Jerawat

1647689597-jerawat-hidung---pexels--ron-lach.jpgSumber: Jerawat di hidung (Pexels/ron-lach)

Jerawat disebabkan sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Bakteri penyebab jerawat dapat memicu jerawat dan lesi inflamasi lainnya, yang mengakibatkan iritasi, kemerahan, dan pembengkakan.

Nah, sifat antibakteri di dalam arang aktif dapat membantu mengangkat bakteri dari pori-pori. Ini akan membantu mengurangi jerawat dan memperbaiki warna kulit secara keseluruhan.

4. Mengurangi Produksi Sebum

1627714226-charcoal---freepik-pvproduction.jpgSumber: Ilustrasi charcoal. (Freepik/pvproduction)

Kulit berminyak memproduksi sebum yang berlebihan sehingga membuat kulit tampak berkilau. Seperti disinggung tadi, arang aktif bekerja seperti spons sehingga menghilangkan minyak berlebih, diikuti dengan mengurangi komedo. Selain itu, juga membersihkan pori-pori dengan menghilangkan semua kotoran dan bakteri.

5. Memutihkan Gigi

1657270375-pasta-gigi-charcoal.jpgSumber: Ilustrasi pasta gigi charcoal. (Freepik/kvladimirv)

Selain kulit, charcoal juga punya manfaat baik untuk gigi loh. Buat yang mau punya gigi putih, kamu bisa banget menggunakan pasta gigi yang ada kandungan activated charcoal-nya. Pasta gigi dengan kandungan arang aktif akan bekerja menyerap molekul untuk menghilangkan noda permukaan pada gigi dan membuatnya lebih putih dan cerah dari waktu ke waktu.

Kenapa nggak menggunakan arang aktifnya langsung? Serbuk arang aktif lebih abrasif daripada kebanyakan pasta gigi, dan dengan sendirinya, dapat mengikis email gigi dan dapat menyebabkan kerusakan gigi. Kalau dalam bentuk pasta gigi, kandungan charcoal-nya sudah lebih lembut daripada bubuk aktif langsung, jadi bisa sering dipakai.

6. Mengatasi Ketombe

1646802739-ketombe.jpgSumber: Ilustrasi rambut berketombe. (Freepik/suriyayapin)

Selain gigi, charcoal juga punya manfaat untuk rambut. Bahan aktif ini bisa mengatasi ketombe loh. Jadi shampoo yang mengandung arang aktif akan menarik kotoran dan menghilangkan kelebihan minyak dari rambut. Kandungan ini cukup lembut, sehingga tidak akan menghilangkan kelembapan alami, yang ada malah bikin rambutmu bersih dan bervolume.

Itu dia 6 manfaat charcoal untuk kecantikan, Urbanreaders. Semoga informasinya bermanfaat untukmu!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait