Hot News

Jakarta - Dalam kondisi pandemi dan memasuki resesi dunia ini, banyak orang kehilangan pekerjaan atau berkurang penghasilannya.

Meningkatnya kasus COVID-19  di Indonesia juga membuat kita harus tetap di rumah aja dan mengurangi aktivitas di luar. Apalagi sejumlah kota khususnya Jakarta malah kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) nih, guys.

Namun, yang namanya kehidupan tetap saja harus berjalan. Kita diharuskan memutar otak agar bisa terus mendapatkan penghasilan.

Nah, berikut adalah tips agar kita tetap bisa mendapatkan penghasilan meski harus di rumah aja. Apa saja tuh? Ini ulasannya:

1. Menulis

1585126746-WFH.jpgSumber: Ilustrasi menulis (Freepik)

Kamu bisa menulis mulai dari blog pribadi tentang berbagai hal-hal yang menarik dan berkaitan dengan sesuatu yang dekat dengan kehidupan banyak orang untuk kemudian masuk ke website pribadi.

Atau, jika kamu adalah orang yang percaya diri, kamu bisa loh membuat video jadi vlog untuk diunggah di Youtube atau Instagram.

2. Ngajar Online

1600245219-tipe-orang-di-meeting-online3.jpgSumber: Ilustrasi mengajar online (Freepik)

Nah, kamu yang punya ilmu lebih tapi cuma bengong aja di rumah, bisa juga loh mengajar online seperti Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya, mengaji dan pelajaran-pelajaran Iainnya.

3. Menjual Jasa / Keahlian

1588080908-fotografer.jpgSumber: Ilustrasi fotografi (Freepik)

Kamu yang punya keahlian misalnya gambar dan design, edit foto, edit video, masak, dan lain-lain juga bisa kok menawarkan jasa kamu secara online. FYI, hal ini bisa mendatangkan incomenya yang lumayan lho.

4. Review Produk (reviewer)

ilustrasiinfluencer.jpegSumber: Ilustrasi influencer / istock

Banyak orang berfikir bahwa review produk harus dilakukan oleh influencer atau reviewer, padahal banyak juga kok produk yang ingin di review secara jujur oleh masyarakat biasa. Nah, coba deh!

5. Jual Foto/Video Online

winteriscoming.jpegSumber: Salah satu karya fotografi "Winter is Coming" dari Killian Schonberger. (image: Behance)

Kamu yang hobi bikin foto dan video, bisa posting atau menawarkan hasil karya kamu secara online, guys.

Apalagi, sekarang sudah banyak situs dan aplikasi yang menjual foto dan video. Kuncinya adalah harus rajin posting, masa dari 100 foto yang kamu kirim ga ada 1-2 yang laku sih? Stay Positive, Think Positive ya!

6. Jual Makanan Online

1595385896-memasak.jpgSumber: Ilustrasi memasak (Freepik)

lni nih yang paling sering dan banyak dilakukan serta berpotensi berhasil terutama makanan frozen.

Dengan diperpanjangnya Sekolah Dari Rumah (SFH), maka kebutuhan makanan meningkat. 

Nah, biasanya nih ibu-ibu yang sudah mulai bekerja setengah kantor setengah rumah mulai kebingungan mengatur jadwal makanan apalagi untuk keluarganya. lni potensi bisnis besar.

7. Instruktur

1595990152-olahraga2.jpgSumber: Ilustrasi olahraga (Freepik)

Punya hobi olahraga juga bisa jadi peluang bagus nih saat lagi di rumah aja. Banyak orang stres dan jenuh saat kondisi pandemi seperti sekarang.

Nah, Kamu yang suka fitnes, aerobik, yoga, meditasi dan kebugaran lainnya, coba deh manfaatkan kondisi tersebut.

Banyak orang merasa perlu meningkatkan imunitas tubuh lewat video streaming, Nah, kamu bisa buka kelas deh sama mereka dan menjadi instrukturnya.

Gimana guys, tertarik yang mana nih?

*Artikel ini ditulis oleh Perencana Keuangan Aidil Akbar dan disunting oleh Anisa Kurniasih

Komentar

Loading ..