beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Intip 4 Sapi Kurban yang Dibeli Jokowi di Idul Adha Tahun Ini

Nivita Saldyni,
8 Juli 2022 14.10.10 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Intip 4 Sapi Kurban yang Dibeli Jokowi di Idul Adha Tahun Ini
Image: Sapi bengkulu jenis limosin (Foto: Antara)

Jakarta - Tradisi berkurban sapi di 34 provinsi masih dijaga oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tahun ini, Jokowi kembali membeli sapi dari berbagai daerah untuk dikurbankan di Hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada Minggu (10/7/2022).

Sapi-sapi kurban Jokowi ini punya bobot yang beragam, antara 800 kg hingga di atas satu ton. Tentunya, semua sapi yang dibeli Jokowi dari berbagai daerah ini sudah melewati berbagai pemeriksaan sehingga dipastikan sehat dan aman ya, Urbanreaders.

Nah dari puluhan sapi yang dikurbankan oleh Jokowi ke berbagai daerah, ternyata ada beberapa yang menarik perhatian nih. Penasaran? Yuk simak empat sapi kurban dari Presiden Jokowi, seperti dirangkum Urbanasia dari berbagai sumber, Jumat (8/7/2022):

Sapi Limosin dari Bengkulu Jadi yang Paling Besar

1657263784-sapi-bengkulu.jpegSumber: Sapi bengkulu jenis limosin (Foto: Antara)

Sapi kurban Jokowi yang punya bobot terbesar ada di Bengkulu. Sapi jenis limosin dengan bobot 1,4 ton ini akan disembelih di Masjid Jamik Syifa Ali Tasrik Desa Rigangan Kecamatan Kelam Tengah Kabupaten Kaur, Urbanreaders.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu M. Syarkawi memastikan sapi itu bebas dari penyakit Mulut dan Kuku (PMK) setelah menjalani pemeriksaan dan verifikasi kesehatan oleh Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu. Bahkan sapi ini sudah dikarantina sebelum dikirim ke lokasi penyembelihannya.

"Sapi kurban tersebut dikirim ke lokasi kurban pada 8 Juli," kata Syarkawi dikutip dari Antara.

Abimanyu, Sapi Warisan di Sleman

1657263373-Abimanyu.jpgSumber: Abimanyu dibeli Pak Jokowi seharga Rp 80 Juta (Foto: Antara)

Sapi kurban Jokowi yang tak kalah menarik perhatian ada di Kabupaten Sleman, DIY. Sapi jenis PO atau Peranakan Ongole bernama Abimanyu ini dibeli Jokowi dari seorang anak yatim bernama Hendy Oktri Pamungkas.

Sapi jantan dengan bobot 850 kg ini ternyata kesayangan pelajar SMP Negeri 1 Ngemplak karena merupakan salah satu peninggalan mendiang ayahnya. Sapi ini sudah dirawatnya sejak awal pandemi COVID-19 melanda. Sapi yang dibeli Jokowi seharga Rp 80 juta ini rencananya akan disembelih di Gedung Agung atau Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Slamet Si Langganan Jawara Kontes

1657263251-Slamet.jpegSumber: Menurut Mulyono sang pemilik, Slamet sering menjuarai berbagai perlombaan (Foto: Antara)

Sapi lainnya yang tak kalah menarik perhatian adalah Slamet. Sapi milik Mulyono, peternak asal Desa Ngadas, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur ini ternyata langganan juara di berbagai kontes sapi yang digelar di berbagai daerah.

Berkat hal itu, Mulyono mengaku Slamet sempat viral. Banyak YouTuber yang memposting video tentang Slamet di kanal mereka.

Sapi jenis simmental berbobot 1,1 ton ini dibeli orang nomor satu di Indonesia seharga Rp 100 juta, Guys. Rencananya, sapi itu akan disembelih di Masjid Al-Akbar Surabaya.

Sapi 'Sultan' dari Cilegon 

1657263477-Sultan.jpgSumber: Sultan di Cilegon dibeli Pak Jokowi untuk dikurbankan di Banten (Foto: Antara)

Sapi terakhir yang tak kalah menarik perhatian adalah Sultan. Sapi peranakan ongole Kebumen ini dibeli dari Heru, peternak asal Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten saat usianya masih tiga tahun dan bobotnya 630 kg.

Setahun di peternakan, bobot Sultan kini mencapai 1,15 ton. Sapi itu pun akhirnya dilepas dengan harga Rp 112 juta dan akan disembelih pada perayaan Idul Adha mendatang di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait