beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Jangan Dibuang! Ini 5 Cara Olah Nasi Sisa Jadi Makanan Baru

Hanisa Sutoyo,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jangan Dibuang! Ini 5 Cara Olah Nasi Sisa Jadi Makanan Baru
Image: Cover bubur sumsum (Pinterest/Agung Novianti)

Jakarta - Memiliki nasi yang tak termakan lagi terkadang menjadi masalah tersendiri. Sejumlah orang merasa kebingungan bagaimana memanfaatkan nasi sisa supaya tidak dibuang begitu saja. 

Pasalnya, nasi sisa yang sudah dimasak sejak kemarin nutrisinya akan berkurang dibandingkan nasi yang baru matang. Terlebih, nasi yang sudah dingin juga akan terasa kurang pas untuk disantap bersama lauk pauk. 

Maka dari itu, kamu harus memiliki berbagai cara supaya tidak membuang nasi sisa yang menyebabkan mubazir makanan. 

Untuk mengatasi hal tersebut, simak daftar olahan makanan yang memanfaatkan nasi sisa berikut ini, ya!

1. Cireng

1654589728-Cireng.jpegSumber: Cireng (Pinterest/Much Butter)

Sesuai namanya, cireng merupakan olahan makanan yang terbuat dari aci atau tepung. Namun ternyata, cireng juga bisa dibuat dengan bahan dasar nasi sisa. 

Caranya cukup dengan menghancurkan nasi menggunakan blender hingga benar-benar halus. Setelahnya bisa dicampur dengan bahan-bahan lain yang kemudian dibaluri tepung sagu. Selanjutnya, adonan ini bisa langsung kamu goreng hingga matang dan hidangkan dengan cabai atau sambal.

2. Bubur Sumsum

1654589739-Bubur-sumsum.jpegSumber: Bubur sumsum (Pinterest/LANGSUNGENAK)

Siapa yang belum pernah merasakan hidangan yang satu ini? Memiliki rasa bubur yang gurih dan disiram dengan kuah gula merah yang manis, menjadikannya terasa sangat lezat, nih, Urbanreaders.

Jika ingin membuatnya, kamu bisa memanfaatkan nasi sisa, loh. Namun, nasi ini harus diblender terlebih dahulu. Kemudian dicampur rata dengan garam dan daun pandan. Jika sudah dimasak hingga matang, selanjutnya kamu bisa hidangkan dengan kuah gula merah. 

3. Rengginang

1654589750-Rengginang.jpegSumber: Rengginang (Pinterest/Rengginang Renyah Ibu HJ Uas)

Rengginang termasuk jenis kerupuk yang berbahan dasar nasi sisa. Kamu bisa mencampurkan nasi dengan berbagai bumbu yang kemudian dipadukan dengan tepung tapioka. 

Adonan ini kemudian kamu panggang sebentar di wajan anti lengket dan ditekan-tekan agar menyatu. Jika sudah, kamu bisa menjemurnya di bawah panas matahari hingga kering dan kemudian menggorengnya dengan minyak panas.

4. Sempol

1620808466-Sempol-Ayam-Rudy.jpgSumber: Sempol Ayam ala Chef Rudy Choirudin. (YouTube)

Selanjutnya ada sempol. Salah satu jenis gorengan dari Malang ini terbuat dari tepung tapioka yang dihidangkan seperti sate. Sempol sebenarnya memiliki bahan dasar yang berbeda-beda, loh. Ada sempol ayam, sempol tahu, dan juga sempol nasi.

Untuk membuat sempol nasi, kamu bisa mencampurkan nasi dengan berbagai bahan lain yang kemudian dikepal-kepalkan ke tusuk sate. Selanjutnya baluri adonan dengan telur dan digoreng hingga matang.

5. Nasi Bakar

1654590492-Nasi-Bakar-(2).jpegSumber: Nasi bakar (YouTube/Willgoz Kitchen)

Olahan sisa nasi selain nasi goreng adalah nasi bakar. Makanan yang satu ini biasa dihidangkan dengan menggunakan daun pisang. Nasi bakar juga bisa diisi dengan berbagai lauk, nih, Urbanreaders, supaya rasanya juga tidak monoton.

Untuk membuatnya, kamu bisa memanfaatkan nasi sisa dengan menggorengnya sebentar sebelum nanti dibakar. Setelah itu, gulung dan bungkus nasi menggunakan daun pisang. Diakhir prosesnya, kamu bisa memasukkan isian nasi bakar ketika sudah matang.

Itulah lima rekomendasi olahan makanan yang memanfaatkan nasi sisa sebagai bahan utamanya. Jika ada nasi berlebih di rumah kamu, jangan langsung dibuang, ya!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait