beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Jerawat Harus Diobati Sedini Mungkin, Ini Alasannya!

Kintan Lestari,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jerawat Harus Diobati Sedini Mungkin, Ini Alasannya!
Image: Ilustrasi jerawat (Freepik/beststudio)

Jakarta - Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami banyak orang. Saking seringnya, beberapa orang jadi mengabaikannya.

Karena memang ada jerawat yang muncul lalu besoknya kempes dengan sendirinya, ada yang akhirnya tidak melakukan apapun untuk mengobati jerawat. Padahal, meski beberapa orang beruntung jerawatnya akan hilang dengan sendirinya, jerawat tetap harus ditangani ya.

Dermatovenereologist dr. Fitria Agustina menyebut bahwa jerawat harus ditangani sedini mungkin. Dikatakan Fitria, penanganan jerawat sedini mungkin untuk mencegah munculnya acne scar (jaringan parut bekas jerawat).

"Jerawat diobati lebih dini supaya tidak berkembang menjadi derajat yang lebih berat. Yang akhirnya derajat lebih berat ini bisa menyebabkan risiko terjadinya scar acne lebih tinggi," kata Fitria di sebuah acara di kawasan SCBD, Rabu (13/7/2022).

Menurut Fitria, jerawat ringan pun berpotensi meninggalkan acne scar.

"Ada kepustakaannya dimana acne derajat ringan untuk terjadinya acne scar 25 persen, acne derajat sedang menjadi acne scar sekitar 50 persen, acne derajat berat itu bisa sampai 75 persen. Jadi artinya pengobatan yang secepat mungkin dengan terapi yang paling optimal itu yang paling penting. Jangan nunggu sampai parah," jelas Fitria lagi.

Maka dari itu, ia mengimbau agar siapapun yang mengalami masalah jerawat untuk mengobatinya sedini mungkin supaya terhindar dari risiko terjadinya acne scar itu.

"Obatilah jerawat sedini mungkin karena risiko untuk terjadinya acne scar akan semakin kecil risikonya. Semakin kecil risiko acne scar tentunya quality of life-nya juga akan membaik," tutup Fitria.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait