menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Ji Soo dan 5 Seleb Korea yang Kariernya Terdampak Skandal Bully

Griska Laras,
5 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ji Soo dan 5 Seleb Korea yang Kariernya Terdampak Skandal Bully
Image: Ji Soo/Instagram@actor_jisoo

Jakarta - Korea Selatan kini sedang diterpa isu bullying yang melibatkan nama-nama idol dan aktor besar. Sedikitnya ada 16 artis dan idol K-Pop yang dituduh melakukan perundungan di masa lalu.

Tudingan itu bermunculan di forum komunitas online dan ditulis oleh akun anonim yang mengaku sebagai korban.

Skandal bully ini tentunya berdampak pada karier para idol dan artis merusak citra idol dan artis yang selalu berusaha menampilkan sisi terbaik mereka.

Akibatnya beberapa selebriti memilih hiatus, sedangkan yang lain didepak dari projek drama, iklan, maupun acara televisi. Berikut selebriti Korea Selatan yang kariernya terdampak skandal bully.

1. Jo Byeong Gyu

1613622434-Jo-Byeong-Gyu.jpgSumber: Jo Byeong Gyu/Instagram@bk_arta.

Aktor Jo Byeong Gyu telah beberapa kali dituding merundung teman sekolahnya. Rumor tersebut muncul setelah korban menulis pernyataan di forum komunitas online.
 
Para korban mengklaim, bintang 'The Uncanny Counter' itu menyerang dan mencuri uang mereka selama sekolah di Westlake Boys High School.

BH Entertainment selaku agensi Jo Byeong Gyu telah membantah semua tuduhan. Namun, kontroversi itu tetap mempengaruhi reputasi sang aktor.

Ada sekitar 2930 petisi dari warga Korea Selatan yang menuntut Jo Byeong Gyu mundur dari variety show terbarunya, 'Come Back Home'.

KBS pun menunda penampilan Jo Byeong Gyu dalam acara variety show 'Come Back Home' hingga kasus selesai.

2. Park Hye Soo

1615292557-Paark-Hye-Soo-Instagram@baeparkhyesoo.jpgSumber: Park Hye Soo/Instagram@baeparkhyesoo

Park Hye Soo yang dikenal dengan imej polos juga ikut terseret kasus perundungan. Seorang warganet berinisial K mengaku pernah ditampar Park Hye Soo saat masih bersekolah.

Park Hye Soo telah menyangkal tuduhan tersebut melalui akun media sosial pribadinya. Dia bahkan mengaku dirinya pernah menjadi korban bully.

Gara-gara kontroversi tersebut, KBS mengundur jadwal tayang drama 'Dear M' yang dibintangi Park Hye Soo.
'Dear M' seharusnya tayang pada 26 Februari lalu, namun diundur hingga waktu yang belum ditentukan.

Keputusan penundaan penayangan ini disampaikan beberapa hari setelah KBS juga membatalkan promosi drama Dear.M di acara radio Jung Eunji's Gayo Plaza pada 23 Februari.


3. Hyunjin STRAY Kids

1614492078-hyunjin-stray-kids.jpgSumber: Hyunjin Stray Kids. (Instagram @realstraykids)

Akhir Februari lalu, seseorang berinisial A membuat unggahan di forum komunitas online yang menuding bahwa Hyunjin Stray Kids melakukan penindasan verbal.

JYP Entertainment sudah merilis konfirmasi bahwa semua tuduhan itu salah dan berencana mengambil langkah hukum.

Beberapa hari kemudian, rapper 20 tahun itu menulis permintaan maaf kepada semua orang yang pernah tersakiti karena sikap dan perkataannya di masa lalu.

"Ada beberapa orang yang terluka karena tindakan dan perilaku Hyunjin yang kurang baik dan tidak dewasa di masa lalu. Hyunjin menyesali hal itu dan meminta maaf. Dia juga menemui penulis secara langsung dan meminta maaf," kata JYP Entertainment seperti dilansir DongA via Naver.

Agensi juga mengumumkan Hyunjin akan menghentikan sementara aktivitasnya di industri hiburan.

4. Soojin (G)I-DLE

1615293004-Soojin-(G)I-DLLE.jpgSumber: Soojin (G)I-DLLE/Instagram@seo.soojin_ah

Soojin (G)I-DLE tersandung rumor bullying setelah seorang netizen memposting kesaksian bahwa dia pernah merundung siswa lain dan merokok sewaktu SMP.

Dia mengklaim, Soojin pernah memanggil seorang siswa dan saudaranya ke kamar mandi dan menampar mereka. Soojin (G)-I-DLE telah membantah pernah merundung siswa lain. Tapi dia mengaku pernah merokok karena penasaran.

Sayangnya masalah tidak berhenti di sana. Tuduhan lain satu per satu bermunculan di media sosial. Dalam salah satu unggahan, Soojin disebut pernah merundung aktris Seo Shin Ae. 

Diketahui Seo Shin Ae pernah bersekolah di SMP yang sama dengan Soojin. Tuduhan itu diperkuat dengan pengakuan So Shin Ae bahwa dirinya pernah menjadi korban bully sewaktu SMP. Pernyataan tersebut dia ungkap di sebuah acara, jauh sebelum kasus bullying ramai.

Akibat kontroversi tersebut, lagu terbaru (G)I-DDLE 'Hwaa' turun drastis di tangga lagu nasional. Padahal, saat pertama kali dirilis, 'Hwaa' menduduki peringkat teratas tangga musik.

Selain itu, brand kosmetik Peripera juga menghapus seluruh poster Soojin dari semua laman media sosial resmi mereka. Padahal 'Peripera' baru saja mengumumkan Soojin sebagai model barunya pada 19 Februari 2021.

Setelah semua kontroversi yang beredar, Cube Entertainment mengumumkan Soojin akan istirahat dari promosi (G) I-DLE.

Mereka mengakui bahwa Soojin terlibat dalam pertengkaran yang berkepanjangan, tapi tidak ada bukti intimidasi atau kekerasan seperti yang diklaim oleh netizen yang menulis tuduhan tersebut.

5. Ji Soo

1614940287-ji-soo-majalah-leon.jpgSumber: Ji Soo di pemotretan untuk majalah Leon. (Instagram @actor_jisoo)

Tudingan aksi bullying yang dilakukan oleh Ji Soo berawal dari unggahan seorang netizen di sebuah forum online pada 2 Maret.

Netizen itu mengaku teman sekolah Ji Soo sewaktu SMP. Dalam unggahannya, dia mengaku pernah mendapat perlakuan kasar dari Ji Soo.

Dia juga menyebut Ji Soo sering merokok dan memalak siswa lain. Tidak berhenti di sana, bintang drama 'Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo' juga dituding pernah melakukan pelecehan seksual.

Setelah tuduhan kasus perundungan dan pelecehan seksual ramai di media sosial, Ji Soo akhirnya mengakui perbuatannya di masa lalu.

Aktor bernama Kim Ji Soo itu menulis permintaan maaf yang kemudian dia unggah di akun Instagram pribadinya.
Ji Soo mengaku telah menutupi masa lalunya sejak mulai berakting. Karena itu, dia selalu dihantui rasa bersalah dan sangat menyesal.

Akibat dari kontroversi tersebut, aktor 27 tahun ini harus rela kehilangan perannya dalam drama terbaru KBS, 'River Where The Moon Rises'.

KBS 2TV memutuskan untuk mengeluarkan Ji Soo dari drama setelah diskusi panjang. Tim produksi kemudian menunjuk aktor Na In Wo untuk menggantikan posisinya.

Key East Entertainment selaku agensi mengumumkan Ji Soo akan hiatus dari dunia hiburan untuk masuk wajib militer.

 6. Naeun APRIL

1615292568-Naeun-APRIL.jpgSumber: Naeun APRIL/Instagtram@betterlee_0824

Member girl group APRIL dirumorkan melakukan perundungan terhadap Hyunjoo, mantan personel April yang keluar pada 5 tahun silam.

Tuduhan aksi perundungan itu pertama kali diungkap oleh adik lelaki Hyunjoo di salah satu forum online. Namun dari semua anggota, Naeun yang paling banyak disebut.

Tak lama setelah kasus tersebut ramai, tim produksi variety show 'Delicious Rendezvous' memutuskan untuk meghapus bagian Naeun APRIL.

Dia juga diminta mundur dari drama 'Taxi Driver' yang akan tayang di SBS. Semua footage Naeun di drama ini akan difilmkan ulang dengan aktris pengganti.

 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait