beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Jokowi Minta Polri Kawal 3 Agenda: Pembangunan IKN hingga Pemilu 2024

Nivita Saldyni,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jokowi Minta Polri Kawal 3 Agenda: Pembangunan IKN hingga Pemilu 2024
Image: Presiden Jokowi (kanan) didampingi Kapolri Jendral Listyo Sigit (kiri) dalam Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara di Akademi Kepolisian, Semarang pada Selasa (5/7/2022). (YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengawal tiga agenda besar pemerintah. Ketiganya antara lain pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Presidensi G20, dan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) serentak 2024.

“Banyak agenda nasional lain yang harus didukung oleh Polri. Pertama, pembangunan Ibu Kota Negara," kata Jokowi dalam Upacara Peringatan ke-76 Hari Bhayangkara di Akademisi Kepolisian, Semarang, Selasa (5/7/2022). 

Menurut Jokowi pembangunan IKN bukan sekadar simbol identitas bangsa. Pembangunan IKN yang diikuti pindahnya ibu kota ini menurutnya juga menjadi representasi kemajuan bangsa Indonesia.

"Pindah ibu kota adalah pindah cara kerja untuk membangun motor kemajuan Indonesia ke depan, Polri harus mengawal agar dapat berjalan lancar dan tepat waktu,” sambungnya.

Sementara untuk agenda kedua, Presidensi G20, Jokowi berharap Polri dapat mengawal kegiatan ini dengan baik. Pasalnya sejumlah kepala negara akan hadir ke acara yang puncaknya bakal diselenggarakan di Bali pada November mendatang.

“Agenda G20 yang sudah berlangsung dan harus terus dikawal,” tegasnya.

Terakhir adalah Pemilu serentak yang akan berlangsung pada 2024. Jokowi meminta Kapolri dan jajarannya mampu mengawal penyelenggaraan pesta demokrasi ini agar berjalan dengan aman dan tertib.

“Agenda besar demokrasi Pileg, Pilpres, dan Pilkada Serentak tahun 2024 harus diantisipasi dengan baik. Berikan dukungan kamtibmas secara maksimal agar pesta demokrasi ini bisa berjalan dengan baik,” pintanya.

Selain tiga agenda besar itu, Jokowi juga mengingatkan ada sejumlah tantangan besar yang harus dihadapi dan diatasi bersama-sama. Antara lain pandemi COVID-19, ketidakpastian global yang dapat memicu krisis di berbagai sektor, hingga kejahatan berbasis teknologi terbaru.

Oleh karena itu, ia meminta seluruh jajaran Polri untuk terus bertransformasi dan adaptif dalam melaksanakan tugasnya. Mengingat, tantangan dan tugas yang semakin hari semakin berat ini.

“Individu anggota Polri dan kelembagaan Polri harus terus berinovasi, harus semakin adaptif, responsif, dan bertransformasi menjadi institusi modern dan bersinergi dengan TNI, kementerian dan lembaga-lembaga dalam menjalankan tugasnya,” pungkas Jokowi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait