beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Mahfud MD: Mulai Juli atau Agustus 2024, Pemerintah Pindah ke IKN

Nivita Saldyni,
16 Juni 2022 13.15.12 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mahfud MD: Mulai Juli atau Agustus 2024, Pemerintah Pindah ke IKN
Image: Menko Polhukam Mahfud MD (Foto: Kemenko Polhukam RI)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebut upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 bakal dipusatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Pemerintah pun berencana mulai pindah ke IKN pada Juli atau Agustus 2024.

"Pada 2024, bulan Juli atau Agustus, pemerintah akan mulai pindah ke sana (IKN). Dan Insya Allah 17 Agustus 2024 upacara diselenggarakan atau dipusatkan di IKN yang baru ini," ungkap Mahfud dalam rapat koordinasi dengan pejabat daerah di Kementerian Dalam Negeri, Kamis (16/6/2022).

Mahfud menyatakan bahwa perpindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara menjadi salah satu tugas penjabat kepala daerah. Untuk itu, ia menegaskan rencana tersebut tak bisa dibatalkan. Ia pun meminta agar tak ada provokasi lebih lanjut terkait rencana tersebut.

"Pemindahan IKN itu juga jadi tugas saudara-saudara. Undang-undangnya sudah ada, tidak boleh terprovokasi lagi ini jadi atau nggak, ini dibatalkan atau nggak. Harus jadi," tegasnya.

Mahfud juga meminta para pejabat kepala daerah untuk melibatkan masyarakat. Sebab menurutnya peran serta masyarakat dalam proses pembangunan IKN sangat diperlukan.

"Kemudian supaya melibatkan masyarakat di dalam pembangunan. Masyarakat dapat berupa antisipasi, dalam proses persiapan pembangunan, pengelola IKN dalam bentuk konsultasi publik musyawarah dan sebagainya. Dan penataan ruang Nusantara tetap mengacu pada tata ruang Pulau Kalimantan," pungkas Mahfud.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait