Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Jokowi Tinjau Lokasi Erupsi Semeru dan Pastikan Bantuan untuk Korban

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Jokowi Tinjau Lokasi Erupsi Semeru dan Pastikan Bantuan untuk Korban
Image: Presiden Jokowi bertolak menuju Lumajang Jawa Timur untuk meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru Selasa (07/12/2021). (Sekretariat Presiden/YouTube)

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Lumajang Jawa Timur untuk meninjau sejumlah lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru Selasa (7/12/2021).

Berangkat menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, Presiden dan rombongan lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB.

Mengutip situs Sekretariat Kabinet, Jokowi bersama rombongan berangkat menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.00 WIB. Setiba di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jokowi melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Lumajang dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU.

Seusai meninjau lokasi, Jokowi yang didampingi oleh gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa turut menyampaikan ucapan duka.

“Atas nama Pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia saya sampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya korban akibat letusan Gunung Semeru di kabupaten Lumajang Provinsi Jawa timur,” kata Jokowi di Lokasi dilihat dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (7/12/2021).

Jokowi menjelaskan, kedatangannya di lokasi letusan yakni untuk memastikan seluruh sumber daya memaksimalkan bantuan.

“Pagi hari ini saya datang ke lokasi untuk memastikan bahwa seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan untuk pencarian korban yang masih ada, kemudian juga evakuasi,” tuturnya.

 Kemudian, di lokasi pengungsi ia juga ingin memastikan bahwa dengan pengungsi tertangani dengan baik.

“Yang berkaitan dengan konsumsi, kesehatan, air bersih, saya kira kondisinya mulai membaik,” urai Jokowi.

Jokowi juga ingin melihat rencana perbaikan infrastruktur yang rusak akibat letusan gunung Semeru. Ia berharap nanti setelah reda, semuanya bisa dimulai baik yang berupa perbaikan infrastruktur maupun kemungkinan relokasi dari tempat-tempat yang kita perkirakan berbahaya untuk dihuni kembali.

“Tadi saya dapat laporan kurang lebih 2.000-an rumah yang harus direlokasi. Ini segera akan kita putuskan di mana relokasinya dan saat itu juga akan segera kita bangun. Saya kira semua sudah siap,” pungkas Jokowi.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait