Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Kabar Duka, Mbah Minto YouTuber Parodi Gagal Mudik Meninggal Dunia

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kabar Duka, Mbah Minto YouTuber Parodi Gagal Mudik Meninggal Dunia
Image: Mbah Minto meninggal dunia (Instagram @ucup_jbsklaten)

Klaten - Mbah Minto, sosok simbah putri yang dlviral karena konten #gagalmudik meninggal dunia pada Rabu (22/12/2021) pukul 21.15 WIB.

Pemilik nama lengkap Minto Suwito Siyam itu menghembuskan napas terakhir pada usia 85 tahun di RS Islam Klaten, Jawa Tengah.

Kabar ini disampaikan langsung oleh konten kreator Muhammad Sofyan atau yang lebih dikenal dengan nama Ucup Klaten. Lewat akun Instagram pribadinya, Ucup membagikan kabar duka pada Kamis (23/12/2021) dini hari.

"Sugeng tindak Simbok... Terimakasih untuk semua kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang," tulis Ucup di postingannya. 

Kabar meninggalnya Mbah Minto pun langsung viral di berbagai platform media sosial. Ucapan bela sungkawa terus mengalir dari netizen, termasuk Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Ya Allah. Innalillahi wa Innalillahi raji'un. Sugeng kondur Mbah Minto. Saestu, panjenengan tiyang sae. husnul khotimah nggih mbah. (Ya Allah. Innalillahi wa Innalillahi raji'un. Selamat jalan Mbah Minto. Sungguh, Anda orang baik. Husnul khotimah ya mbah)," cuit Ganjar di akun Twitter pribadinya.

"Sugeng tindak, Mbah Minto. Video ini tak akan terlupa, banyak sedulur yang akhirnya nggak mudik di lebaran tahun lalu setelah nonton video ini. Suwargi langgeng, Mbah.  ," tulis akun Twitter @merapi_uncover sambil membagikan video #gagalmudik yang diperankan Mbah Minto.

Berdasarkan informasi yang Urbanasia terima, Mbah Minto meninggalkan empat orang anak, 15 cucu dan 4 orang cicit. Rencananya, jenazah Mbah Minto bakal dimakamkam pada Kamis (23/12/2021) pukul 14.00 WIB di Sasonoloyo Wonosegaran, Bugel, Krakitan.

Nama Mbah Minto sendiri pertama kali dikenal lewat konten gagal mudik (https://youtu.be/3oAE1VFBjyw) yang diposting oleh YouTuber Muhammad Sofyan atau yang lebih dikenal dengan nama Ucup Klaten. 

Saat itu, video kolaborasi keduanya tentang gagal mudik saat pandemi virus COVID-19 membuat simbah asal Klaten ini kian terkenal. Dengan gaya bahasa Jawa-nya yang khas dan pesannya agar sang anak di perantauan tak mudik di tengah pandemi, video simbah pun viral. Sejak saat itulah, Mbah Minto semakin kerap tampil di YouTube Ucup Klaten dan Instagram @ucup_jbsklaten.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait