beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URedu

Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Ambil Career Break?

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kapan Sih Waktu yang Tepat untuk Ambil Career Break?
Image: Ilustrasi kesehatan mental. (Freepik)

Jakarta - Urbanreaders, kamu tahu soal career break kan? Yap, betul jeda karier. Jadi itu adalah periode ketika seseorang berhenti kerja dengan durasi tertentu baik karena alasan keluarga atau alasan profesional lainnya.

Belakangan ini isu kesehatan mental jadi sorotan. Nah, kesehatan mental juga jadi salah satu alasan seseorang memutuskan untuk mengambil career break selama beberapa saat. Tapi kapan sih waktu untuk mengambil career break?

Lika Satvarini selaku Career Coach dan Professional Trainer mengungkap waktu untuk mengambil career break yang tepat ketika kesehatan mental sudah mempengaruhi keseharian. 

"Kita butuh career break karena adanya masalah kesehatan mental sewaktu kita sudah merasa kita tuh terganggu secara fisik. Stress burnout karena pekerjaan membuat kita jadi tidak bisa fokus, tidak bisa tidur. Itulah saatnya kita udah mulai memfokuskan diri untuk refresh kembali kesehatan mental kita," kata Lika dalam sebuah acara yang berlangsung di Lippo Mall Kemang, Selasa (30/8/2022).

Lalu berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengambil career break? Menurut Lika, jawabannya tergantung orang yang mengalaminya sendiri.

"Mengenai durasinya, itu sebenarnya tergantung seberapa butuh kitanya. Karena kadang-kadang ada orang yang before it happen, dia mengambil career break. Jadi selalu saya sarankan klien-klien saya untuk lakukan JAP, yaitu Jeda, Amati, Pahami," ungkap Lika.

"Kamu berjeda, lihat gimana kondisi kesehatan mental anda saat itu. Waktu career break-nya juga gitu. Mungkin rencana 3 bulan kita amati lagi apakah sudah membaik belum kesehatan mental kita, atau perlu kita perpanjang lagi. Kalau sudah cukup yasudah kita lanjut bekerja lagi. Jadi selalu bertanya ke dalam diri sendiri dulu untuk menentukan berapa durasi yang perlu kita ambil," tutupnya. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait