Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Kemenkes Sebut Penularan COVID-19 Omicron Lebih Cepat Dibanding Delta

Shelly Lisdya,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kemenkes Sebut Penularan COVID-19 Omicron Lebih Cepat Dibanding Delta
Image: Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmidzi (Dok. Kemenkes RI).

Jakarta - Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi menyebut penularan varian COVID-19 Omicron lebih cepat tiga kali lipat dibanding varian Delta.

"Risiko penularan di dalam rumah tangga pada Omicron itu lebih tinggi, karena dia memang lebih cepat menular," ujar Nadia dikutip PMJ, Jumat (24/12/2021).

Selain itu, Nadia juga mengungkapkan bahwa varian Omicron merupakan mutasi virus SAR-Cov2 yang juga mampu menyebabkan infeksi ulangan pada orang yang pernah terinfeksi.

"Jadi satu bulan sampai dua bulan setelah orang mendapatkan COVID-19 itu bisa kemudian sakit kembali dikarenakan dia mungkin mendapatkan varian Omicron," ujar Nadia.

Nadia menjelaskan, apabila kasus COVID-19 akibat infeksi varian Omicron mulai meningkat secara signifikan tentunya akan menjadi suatu beban di fasilitas kesehatan.

Pada kondisi lonjakan kasus tersebut, Nadia menuturkan fasilitas kesehatan mempunyai keterbatasan untuk bisa memberikan pelayanan secara optimal, meskipun pemerintah sudah berusaha mengantisipasi untuk ketersediaan layanan kesehatan.

"Kalau orang yang sakit itu cepat sekali bertambah pasti nanti perawatan dan kematian akan semakin meningkat karena orang butuh perawatan," jelasnya.

Dia menambahkan, guna mencegah lonjakan ini pemerintah terus melakukan pengetatan di pintu-pintu masuk wilayah negara baik di darat, laut maupun udara untuk mencegah masuknya varian Omicron.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait