Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Haid yang Nggak Teratur

Itha Prabandhani,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Haid yang Nggak Teratur
Image: Masalah Menstruasi. (Freepik)

Jakarta - Pernah nggak sih kamu mengalami haid atau menstruasi hingga dua kali dalam sebulan? Atau sebaliknya, sudah hampir dua bulan berjalan, baru ‘dapet’ lagi? Itu tandanya kamu mengalami periode haid yang nggak teratur, guys.

Normalnya, siklus haid berlangsung sama setiap bulannya, yaitu dalam rentang 21-35 hari, sejak hari pertama menstruasi bulan sebelumnya. Nah, siklus ini biasanya terjadi secara konsisten dari bulan ke bulan.

Meski begitu, siklus haid yang nggak teratur banyak dialami kaum cewek, kok. Terutama, buat para remaja yang baru aja mendapatkan masa-masa haid pertama mereka. Namun, ketika kamu sudah beranjak dewasa, siklus menstruasi seharusnya sudah teratur dan stabil.

1621387692-masalah-menstruasi---freepik-skawee.jpgSumber: Masalah Menstruasi. (Freepik/skawee)

Diolah dari berbagai sumber, siklus haid bisa dikatakan mulai nggak teratur kalau kamu mengalami hal-hal berikut ini:

· Rentang waktu menstruasi selalu berubah-ubah. Misalnya, bulan sebelumnya 25 hari sekali, sekarang jadi 30 hari sekali.

· Waktu menstruasi berubah-ubah. Kadang panjang, kadang pendek. Normalnya, masa keluarnya darah adalah 2-7 hari.

· Intensitas darah yang keluar berbeda-beda. Kadang sangat banyak dan lama, tapi kadang sangat sedikit dan singkat.

Terus, apa sih yang menjadi penyebab haid nggak datang nggak teratur?

1. Ketidakseimbangan Hormon

Hormon yang tidak seimbang sering kali menjadi pemicu menstruasi yang tidak lancar. Penyebabnya macam-macam, seperti masa pubertas, pascamelahirkan, menyusui, dan menjelang menopause.

2. Menopause Dini

Umumnya, perempuan mengalami masa menopause pada usia 45-55 tahun. Namun, ada pula yang mengalami gejala-gejala menopause pada usia 40 tahun ke bawah. Kondisi ini disebut sebagai menopause dini. Menopause menyebabkan pelepasan sel telur berhenti. Alhasil, haid pun jadi kurang lancar hingga akhirnya berhenti sama sekali.

1631932135-ilustrasi-menstruasi.jpgSumber: Ilustrasi menstruasi (Pexels-sora shimazaki)

3. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Beberapa alat kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB, dan implant, dibuat dengan mengombinasikan hormon estrogen dan progesterone, untuk mencegah terjadinya pembuahan. Respons tubuh perempuan terhadap penggunaan alat kontrasepsi bisa berbeda-beda, termasuk haid yang tidak teratur.

4. Stres

Saat kamu mengalami stres, keseimbangan hormon di dalam tubuh pun ikut terganggu. Ketika stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat berpengaruh pada bagian otak yang berperan mengatur menstruasi. Akibatnya, siklus haid kamu pun berubah, bisa jadi lebih cepat, lambat, atau tidak haid sama sekali.

5. Perubahan Berat Badan yang Drastis

Perubahan berat badan yang drastis dapat membuat produksi hormon estrogen dalam tubuh ikut berubah. Kondisi ini berakibat pada proses ovulasi setiap bulannya. Ketika ovulasi terganggu, siklus haid pun otomatis akan berubah dan mengakibatkan haid tidak teratur.

6. Sindrom Polikistik Ovarium (PCOS)

PCOS alias sindrom polikistik ovarium adalah kondisi yang disebabkan oleh kelebihan hormon laki-laki pada perempuan. Perempuan dengan PCOS biasanya memiliki pertumbuhan rambut berlebih di wajah, jerawat yang sulit hilang, hingga siklus haid yang tidak teratur.

1621387625-masalah-menstruasi---freepik-dragana-gordic.jpgSumber: Masalah Menstruasi. (Freepik /dragana_gordic)

7. Olahraga Berlebih

Bukannya bikin badan jadi sehat, aktivitas atau olahraga yang terlalu berat juga malah bisa mengganggu organ reproduksi kamu loh, guys. Salah satunya, bikin siklus haid tidak teratur atau tidak lancar. Karena itu, sesuaikan porsi olahragamu dengan kondisi dan kebutuhan badanmu.

Saat mengalami haid yang tidak teratur, kamu bisa mencoba perawatan sendiri dulu di rumah. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba, yaitu:

· Melakukan yoga

Selain bisa membuat rileks dan menghilangkan stres, yoga juga dapat mengatasi siklus haid yang tidak teratur. Lakukan selama 35-40 menit sehari secara rutin.

· Menjaga Berat Badan Ideal

Berat badan yang ideal dan stabil bisa membantu mengembalikan siklus haid agar tetap teratur. Konsultasikan pada ahlinya jika kamu ingin mencoba diet tertentu.

· Istirahat yang Berkualitas

Kelelahan dan kurang tidur juga bisa membuat haid kamu tidak lancar. Karenanya, atur waktu tidurmu agar bisa beristirahat dengan cukup dan berkualitas.

Jika kamu masih mengalami masalah haid sesudah mencoba cara-cara di atas, sebaiknya kamu segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait