Hot News

Jakarta - Saat merasa nggak tertarik untuk melanjutkan hubungan, ada beberapa cara yang dilakukan seseorang. Mulai dari mundur teratur, tiba-tiba ngilang, hingga terang-terangan menolak.

Menyampaikan penolakan pada orang yang menyukai kita memang nggak mudah. Ada banyak pertimbangan yang biasanya dipikirkan. Misalnya, tidak mau menyakiti hati mereka, nggak enak hati, atau menghindari permusuhan di kemudian hari.

Atas dasar pertimbangan semacam ini, banyak orang memilih untuk menghilang begitu aja dan memutus komunikasi tanpa ba bi bu, alias ghosting. Tapi, sikap ghosting justru lebih menyakitkan ketimbang bicara dan menyampaikan penolakan secara langsung, loh.

Nah, buat kamu yang lagi bingung gimana caranya menolak dengan halus, berikut beberapa kalimat penolakan yang bisa kamu pilih.

1. ‘Terima kasih atas makan malamnya. Tapi, sepertinya ini bukan kencan yang cocok buat aku.’

1600138696-menolak-pacaran.jpgSumber: Ilustrasi menolak pacaran secara halus (Freepik)

Kalimat ini adalah cara halus untuk bilang bahwa kamu merasa kencan sebelumnya nggak asyik, garing, atau pembicaraannya awkward banget. Dengan kata lain, kamu nggak tertarik untuk kencan kedua.

2. ‘Kamu orang yang asyik banget diajak ngobrol. Rasanya kita lebih cocok hangout bareng ketimbang nge-date.’

1600139128-menolak-halus3.jpgSumber: Ilustrasi menolak pacaran secara halus (Freepik)

Cara ini bisa kamu pilih saat kamu merasa nggak ada chemistry sama dia, tapi nggak mau kehilangan dia sebagai teman.

3. ‘Selama beberapa waktu ini aku senang bisa kenal kamu lebih dalam. Tapi sepertinya kita punya pandangan yang berbeda tentang hubungan.’

1600139213-menolak-halus5.jpgSumber: Ilustrasi menolak pacaran secara halus (Freepik)

Ini adalah penolakan yang bisa kamu katakan saat kamu sudah berkencan beberapa kali dengan dia, tapi akhirnya memutuskan untuk nggak melanjutkan hubungan.

4. ‘Dari obrolan-obrolan kita, sepertinya ini bukan saat yang tepat untuk menjalin hubungan. Sebelum menjalani hubungan baru, lebihbaik kalau kita sembuhkan dulu luka hati.’

1600139248-menolak-halus4.jpgSumber: Ilustrasi menolak pacaran secara halus (Freepik)

Dalam situasi kamu atau dia masih belum benar-benar move on dari cinta lama, kamu bisa mengatakan terus terang dengan kalimat tersebut.  

5. ‘Kita lebih asyik jadi teman ketimbang pacar.’

1594263835-pacar-insecure4.jpgSumber: Ilustrasi menolak pacaran secara halus (Freepik)

Kalimat ini bisa kamu pilih saat kamu memang sejak awal tidak tertarik sama dia dan hanya menganggapnya teman biasa.

Meski kamu telah menggunakan kalimat yang halus dengan niat menghindari timbulnya sakit hati, selalu ada kemungkinan bahwa si dia akan merespons dengan negatif.

Untuk itu, kamu mesti bersiap dengan segala kemungkinan. Namun, satu hal yang perlu kamu ingat, kejujuran meski menyakitkan, tetap lebih baik ketimbang kebohongan yang dikatakan dengan manis. 

 

 


Loading ..