beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Kisah Sukses Delta Hesti, Lulusan SD yang Kini Jadi Crazy Rich Surabaya

Shelly Lisdya,
22 Februari 2022 14.21.17 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kisah Sukses Delta Hesti, Lulusan SD yang Kini Jadi Crazy Rich Surabaya
Image: Delta Hesti Chandra Pratiwi. (Instagram @deltahesti)

Jakarta - Menjadi pebisnis memang tidak semudah yang dibayangkan. Apalagi jika memulai bisnis dari nol secara otodidak. 

Seperti yang diceritakan pebisnis asal Surabaya, Jawa Timur, dia adalah Delta Hesti Chandra Pratiwi, pemilik brand Handmadeshoesby yang merupakan lulusan SD dari keluarga miskin, namun tetap berjuang untuk kesuksesan.

"Saya bisa dibilang dari keluarga tunawisma, sangat-sangat tidak mampu dan miskin. Saya hanya lulusan SD. Bapak saya seorang pemabuk dan penjudi yang setiap hari selalu ada cekcok di keluarga," kata Delta Hesti di kanal YouTube CapCapung, Selasa (22/2/2022).

Kebiasaan buruk ayahnya membuat keluarga Delta terlilit hutang hingga ratusan juta. Hingga akhirnya membuat ibu Delta terpaksa ke Manado untuk bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART). Sementara ayahnya bekerja ke Papua.

"Adik saya yang masih kecil ikut bersama ibu. Saya tetap Surabaya, karena saya punya potensi, harusnya bisa melunasi hutang orang tua. Impian saya pada saat itu adalah menetap di Surabaya untuk melunasi hutang orang tua," ujarnya.

Dari situ, Delta yang memiliki kekasih seorang band metal bernama Tom mulai bekerjasama. Delta Hesti kemudian belajar dari kekasihnya yang gemar merintis bisnis.

"Dia kan jual stiker, dan cukup laris. Akhirnya saya tergerak juga untuk usaha. Mulai dari online shop. Pertama kali jualan di Facebook, grup BBM," kata Delta.

Delta pun kemudian memulai usaha kecil-kecilan dengan menjual sepatu lewat online shop. Kala itu masih belum banyak orang yang melakukan bisnis online shop. 

"Kami itu punya visi dan misi yang sama. Jadi kami nggak mau pacaran yang cuma menghamburkan uang saja, kami lakukan yang positif dengan berbisnis bareng," ujar Delta Hesti.

Lambat laun bisnis Delta Hesti semakin berkembang hingga mampu melunasi hutang orang tua dengan bisnis. Ia pun lalu memulangkan kedua orang tuanya ke Surabaya agar tak lagi bekerja di luar pulau.

"Seiring berjalannya waktu, online shop semakin besar dan banyak juga yang jadi reseller. Alhamdulillah beberapa tahun kemudian orang tua saya terlunasi hutangnya, saya boyong mereka kembali ke Surabaya," katanya.

Tak hanya itu, Delta juga mengajak adiknya untuk membangun online shop bersama-sama. Kendati harus melewati sejumlah kegagalan, ia tak menyerah untuk merintis usahanya.

Salah satunya, dengan terus melakukan inovasi produk-produk terbaru. Selain itu, Delta juga menggandeng banyak orang untuk bekerjasama. Dalam sehari, mereka mampu memproduksi 7-8 ribu produk fashion.

"Kami lahir di keluarga miskin dan sudah takdir, namun jika kita ingin hidup sukses, berguna bagi banyak orang itu adalah impian saya," pungkasnya.

Saat ini, Delta Hesti bersama suaminya, Tom Liwafa, dikenal dengan julukan Crazy Rich Surabaya, Urbanreaders. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait