Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Kominfo Bakal Bagikan 6,7 Juta Set Top Box TV Digital Gratis

Shinta Galih,
21 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kominfo Bakal Bagikan 6,7 Juta Set Top Box TV Digital Gratis
Image: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate. (Dok. Kominfo)

Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memastikan pemerintah akan membagikan 6,7 juta Set Top Box (STB) untuk menangkap siaran TV Digital. Namun perangkat tersebut tidak diperuntukkan bagi seluruh masyarakat.

"Set top box ini untuk keluarga miskin. Untuk STB ini yang sedang kita siapkan agar 6,7 juta itu tersedia pada waktunya sesuai dengan tahapan ASO paling lambat tanggal 2 November 2022,” ujar Menkominfo saat Rapat Kerja dan Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi I DPR RI.

Menkominfo mengatakan, ketersediaan STB merupakan aspek penting untuk mendukung implementasi Analog Switch Off (ASO). Menurutnya, STB dibutuhkan bagi perangkat televisi yang belum memenuhi standar Digital Video Broadcasting–Second Generation Terrestrial (DVB T2) atau TV digital.

“Bagi yang belum DVB T2 itu harus disediakan perangkat connector atau yang disebut dengan set top box atau STB,” terangnya.

Menkominfo menjelaskan, berdasarkan kriteria serta mekanisme pelaksanaan pembagian STB gratis tengah disiapkan. Hasil penghitungan sementara dengan mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dari Kementerian Sosial.

“Terdapat sebanyak 6,7 juta rumah tangga miskin yang berdomisili di daerah yang akan dilaksanakan migrasi siaran analog ke siaran TV digital,” paparnya.

Menurut Menkominfo, sebanyak 6,7 juta perangkat STB akan dibagikan langsung kepada warga yang memenuhi syarat. Selanjutnya, STB dipasang ke televisi analog yang belum memiliki standar DVB T2 agar bisa menerima siaran televisi digital. 

“Jadi lebih dari sekadar bagi-bagi (STB gratis), karena harus dipasang dan di-install di perangkat televisi masing-masing. Seperti misalnya di rumah kalau pakai Indihome atau pakai layanan internet itu kan ada perangkat connector-nya, sama kira-kira seperti itu ada perangkat connector-nya yang memungkinkan menerima siaran digital,” pungkasnya.

Seperti diketahui pemerintah melalui Kominfo merencanakan migrasi siaran TV analog ke digital mulai tahun depan. Proses migrasi tersebut dilakukan bertahap di sejumlah daerah.

Berikut jadwal tahapan migrasi TV analog ke digital terbaru: 
- Tahap pertama: 30 April 2022 pada 55 wilayah
- Tahap kedua: 25 Agustus 2022 pada 31 wilayah
- Tahap ketiga: 2 November 2022 pada 24 wilayah

Kamu bisa melakukan pengecekan apakah wilayah kamu terjangkau siaran TV digital. Ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni:

1. Situs Kominfo

Kamu dapat mengakses laman ini lewat browser di ponsel maupun desktop. Dari sana, kita bisa melihat wilayah-wilayah yang sudah dan aman menerima siaran TV digital.


2. Aplikasi 

Kemenkominfo menyediakan aplikasi bernama SinyalTVDigital yang akan membantu mengetahui apakah lokasi tempat tinggalmu terjangkau TV digital.

Tak hanya itu, lewat aplikasi ini kamu dapat melihat kualitas sinyal TV digital di tempatmu. Jadi sebelum membeli set top box atau perangkat TV yang mendukung siaran digital.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait