menu
user
URoto

Kurangi Bau Rokok, Ini 4 Cara Jaga Kebersihan Mobil

Anisa Kurniasih,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Kurangi Bau Rokok, Ini 4 Cara Jaga Kebersihan Mobil
Image: Ilustrasi membersihkan mobil (Suzuki Indonesia)

Jakarta - Guys, apakah kamu sering menghabiskan waktu merokok di dalam mobil? Jika iya, kemungkinan asap rokokmu akan menempel ke bagian dalam mobil dan bisa mengganggu penumpang lain.

Bau rokok dalam mobil tak hanya mengganggu penumpang saja, tetapi juga mengakibatkan tampilan kabin semakin kotor seperti bercak kekuningan.

Nah, untuk mengurangi bau rokok yang mengganggu, kamu bisa loh menjaga kebersihan mobil dengan tips yang dibagikan situs Suzuki Indonesia berikut ini, di antaranya:

1. Rutin Membersihkan Sampah

1615546292-Nyetir-mobil---Suzuki-Indonesia.jpg

Sumber: Ilustrasi menyetir mobil (Suzuki Indonesia)

Sampah juga menyebabkan bau rokok tak kunjung hilang, karena artinya asap akan menempel pada lebih banyak benda dalam ruangan. Nah, coba untuk menyiapkan tempat sampah kecil sehingga kamu mudah membuangnya.

Usai membersihkan sampah, jangan lupa untuk vakum seluruh interior mobil. Bukan hanya bagian jok saja tapi juga di bawah karpet. 

Vakum secara menyeluruh sehingga tak ada lagi debu yang menjadi sumber bau asap rokok. Baru setelah interior mobil dibersihkan dari sampah, kamu bisa meletakkan wewangian, baik yang alami atau buatan.

2. Menggunakan Bahan Enzimatik

1615546349-nyetir-mobil-pixabay-bobtheskater.jpg

Sumber: Ilustrasi menyetir mobil (Pixabay/bobtheskater)

Cara lain menghilangkan bau rokok di dalam mobil adalah membersihkan dengan bahan yang mengandung enzim. Jika dijual di pasaran bahan ini harganya cukup mahal, jadi kamu hanya perlu menggunakannya sesekali saja ketika ruangan terlalu berbau asap rokok.

Enzimatik memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda menguning akibat rokok sekaligus dengan bau.

Urbanreaders bisa membersihkannya pada bagian kaca atau material logam pada interior. 

Apabila kesulitan membeli enzimatik, bisa juga membuatnya sendiri dari bahan seperti gula coklat, ragi, air hangat dan kulit jeruk segar yang dicampur.

3. Buka Kaca Jendela saat Merokok

1615546360-nyetir-mobil-2---pixabay-freestocks-photos.jpg

Sumber: Ilustrasi menyetir mobil (Pixabay/Freestocks-photos)

Jangan pernah lupa untuk membuka kaca jendela saat kamu ingin merokok. Jadi matikan AC terlebih dahulu kemudian baru buka jendela. 

Cara ini memang paling umum, tapi mencegah agar asap rokok tidak berlebihan menempel pada interior mobil.

Selain itu dengan dibukanya jendela maka sirkulasi udara dalam kabin akan terus berganti. Asap rokok juga akan keluar terbawa angin. 

Tapi perhatikan juga kondisi lalu lintas supaya yang masuk adalah udara segar yang tidak bercampur asap kendaraan.

Selama merokok buka kaca jendela dan setelahnya biarkan selama 5 sampai 10 menit, supaya asap rokok benar-benar hilang. Baru tutup jendela kembali dan nyalakan AC. Setidaknya cara ini akan mengurangi bau rokok secara langsung.

4. Pergi ke Salon Mobil

1605770612-nyetir-mobil.jpg

Sumber: Ilustrasi nyetir mobil (Freepik)

Bagi kamu yang tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan interior mobil sendiri, solusi terbaik adalah rutin ke salon mobil. 

Melalui jasa salon, mobil kamu tak hanya bebas dari asap rokok tetapi juga lebih kinclong.

Apalagi bagi kamu yang sering bepergian jauh, menjaga kebersihan mobil juga akan membuat seluruh bagian mobil lebih awet karena terawat.

Jadi sudah tidak bingung lagi kan, bagaimana cara menghilangkan bau rokok di mobil yang tentunya sangat mengganggu? Hanya perlu disiplin saja agar mobil tetap wangi dan terbebas dari bau rokok.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait