beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Manfaat Bunga Telang untuk Kulit, Mencerahkan hingga Jadi Skin Barrier

Izzah Putri Jurianto,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Manfaat Bunga Telang untuk Kulit, Mencerahkan hingga Jadi Skin Barrier
Image: Bunga telang. (Pexels/tamannarumee)

Jakarta - Dengan perkembangan industri kecantikan yang cepat, sudah banyak produk yang kualitas dan harganya bersaing. Makanya, brand-brand kecantikan harus bersaing secara kompetitif untuk dapat memenangkan hati calon pembeli.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang aman dan berkualitas dalam produk-produk buatan mereka. Membicarakan soal kandungan dalam produk kosmetik maupun skincare, tahukah kamu bahwa bunga telang juga bisa ditemukan dalam beberapa produk? 

Bunga telang punya warna biru dan biasanya merambat di pagar rumah, berfungsi sebagai hiasan maupun pengobatan. 

Lalu, kira-kira apa saja ya manfaat bunga telang di dunia kecantikan? Temukan jawabannya di artikel ini, yuk!

1. Menutrisi dan Mencerahkan Kulit

Kandungan utama pada bunga telang adalah antioksidan, yang dikenal banyak khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan. bagi kulit, antioksidan bisa membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan agar kulit wajah tetap sehat.

Tak hanya itu, fungsi lainnya dari antioksidan pada bunga telang adalah mencerahkan warna kulit yang belang akibat sinar matahari. cara kerjanya yakni dengan memperlambat produksi melanin, yang berpotensi menyebabkan pigmentasi kulit yang berlebih.

2. Meredakan Kemerahan di Wajah

Sering berpanas-panasan di bawah terik matahari tak jarang membuat kulit kita jadi kemerahan. Selain itu, kemerahan ini juga bisa disebabkan karena jerawat maupun bekas jerawat.

Permasalahan kulit yang satu ini kadang terasa cukup mengganggu, karena biasanya agak sulit untuk ditutupi dengan make up. Salah satu caranya tentu harus diatasi dengan produk skincare. Nah, kandungan bunga telang ini dapat membantu meredakan sekaligus menyembuhkan kemerahan di wajahmu, loh!

3. Melembabkan Wajah

Jenis kulit apapun, mulai dari yang kering sampai berminyak sekalipun, butuh skincare yang dapat melembabkan kulit. Hal ini bisa didapatkan dari menggunakan moisturizer, serum, ataupun face oil.

Kandungan bunga telang terbukti dapat melembabkan wajah. Nilai plusnya lagi, tidak hanya melembabkan, tapi bunga telang dapat menguncinya agar bertahan di wajah. Tentu hal ini sangat berguna, karena dapat mencegah kulit dari resiko kekeringan dan iritasi.

4. Mempercepat Proses Regenerasi Kulit

Seiring bertambahnya umur, produksi kolagen pada kulit dipastikan menurun. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi tidak elastis lagi, dan menimbulkan kerutan-kerutan halus di wajah sebagai tanda-tanda penuaan.

Dengan menggunakan skincare yang mengandung ekstrak bunga telang, produksi kolagen sebagai proses regenerasi kulit dapat terangsang dan menjadi lebih aktif lagi. Hal tersebut dikarenakan adanya polifenol dan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan pada bunga telang.

5. Mengembalikan Skin Barrier

Sering terkena debu dan polusi maupun mencoba produk yang berujung tidak cocok, dapat beresiko membuat skin barrier rusak. Kalau skin barrier sudah rusak, maka produk apapun yang kita gunakan akan kurang terasa hasilnya.

Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk menyembuhkan skin barrier terlebih dahulu sebelum menggunakan skincare yang fungsinya lebih tinggi, seperti skincare anti aging dan semacamnya. Bunga telang dikenal mampu memperbaiki skin barrier kulit sekaligus berfungsi sebagai pelindung, karena adanya vitamin A, C, dan E.

Nah Urbanreaders, itu tadi adalah 5 manfaat yang bisa kamu dapat dengan menggunakan skincare berbahan bunga telang. Setelah ini, apakah kamu cukup tertarik untuk mencobanya? Semoga menginspirasi, ya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait