Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

9 Khasiat Bunga Telang dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Elga Nurmutia,
11 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
9 Khasiat Bunga Telang dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan
Image: Ilustrasi Bunga Telang. (Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro)

Jakarta - Bunga telang memiliki sejumlah khasiat bagi kesehatan dan bisa dijadikan sebagai obat herbal. Khasiat bunga telang ini rupanya bisa mengobati berbagai penyakit.

Selain itu, warna dari bunga telang ini biru dan bentuknya menyerupai kupu-kupu. Bunga telang juga merupakan bunga liar yang biasanya ada di semak-semak serta tanah kering. 

Kali ini, Urbanasia akan membagikan sembilan khasiat bunga telang bagi kesehatan dari berbagai sumber, Rabu (6/10/2021), sebagai berikut. 

Adapun, sejumlah penyakit yang dapat diobati menggunakan bunga telang, sebagai berikut:

1. Tekanan Darah Tinggi 

Dalam sebuah penelitian sudah dibuktikan, bahwa enzim yang terkandung pada bunga telang memiliki manfaat sebagai pengatur dan juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.  

2. Gula Darah 

Bunga telang ini mengandung antioksidan tinggi mampu mencegah terjadinya resistensi insulin yang dapat memicu penyakit diabetes.  Kamu cukup mengonsumsi bunga telang dengan rutin agar kadar gula darah bisa tetap stabil. 

3. Radang Mata Merah  

Biasanya radang mata merah disertai dengan memerahnya selaput putih pada mata. Hal itu biasanya timbul akibat bakteri, jamur, dan jugs virus.  Bunga telang mampu dijadikan sebagai obat untuk meredakan radang mata merah. Kamu hanya perlu merendam bunga telang hingga airnya berwarna biru. Kemudian, kamu bisa pakai air rendaman bunga telang untuk mencuci mata tersebut.

4. Mengeluarkan Dahak untuk Bronkitis Kronis  

Ternyata, akar dari bunga telang memiliki sifat laksatif atau sebagai pencahar. Hal ini dikatakan mampu untuk mengeluarkan dahak pada seseorang yang mengalami penyakit bronkitis kronis.  Kamu hanya perlu mencuci akar bunga telang sampai bersih kemudian iris dengan tipis-tipis dan rebuslah hingga mendidih. Minumlah selagi hangat, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebih. Sementara itu,akar bunga telang bersifat beracun serta memiliki efek samping, yaitu sakit perut. 

5. Mengobati Bisul  

Bunga telang memiliki manfaat untuk mengobati bisul. Kamu hanya perlu tumbuk bunga telang hingga halus dan menambahkan gula jawa secukupnya. Kemudian, kamu bubuhkan ramuan herbal diatas bisul untuk mendapatkan khasiatnya.

 6. Rambut Rontok  

Bunga telang ini rupanya mengandung bioflavonoid. Hal tersebut bisa untuk mengatasi kerontokan rambut dan juga mengurangi adanya uban.

7. Diare 

Bunga telang ini memiliki dampak farmakologis antidiare dan juga antiradang.  Sehingga bunga yang satu ini efektif dalam mengatasi diare.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Jika kamu minum teh bunga telang dengan rutin mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, bunga telang juga mampu membunuh semua jenis bakteri apabila dicerna dengan baik. 

9. Kesehatan Otak  

Dalam suatu penelitian menjelaskan terkait pemberian bunga telang secara oral mampu meningkatkan kemampuan mengingat memori. 

Efek Samping Bunga Telang 

Meskipun memiliki segudang manfaat, namun tetap ada efek sampingnya. Jika digunakan dengan berlebihan biasa memicu diare dan juga mual. Sebaiknya bunga telang ini tidak dikonsumsi oleh Ibu Hamil.

Nah, itu dia informasi yang bisa Urbanasia sampaikan. Semoga bermanfaat!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait