beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Ma'ruf Amin Sebut Pemerintah Siap Cegah Penyebaran Cacar Monyet

Elya Berliana Prastiti,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ma'ruf Amin Sebut Pemerintah Siap Cegah Penyebaran Cacar Monyet
Image: Wakil Presiden Ma’ruf Amin. (Instagram @kyai_marufamin)

Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran cacar monyet.

“Pemerintah sebenarnya sudah menyiapkan langkah-langkah pencegahan. Saya kira Kementerian Kesehatan sudah siap melakukan pencegahan,” ujar Wapres Ma’ruf Amin mengutip ANTARA, Selasa (23/8/2022).

Kemenkes mengumumkan kasus pertama cacar monyet di Indonesia pada 20 Agustus 2022 dari seorang pasien laki-laki berusia 27 tahun yang berdomisili di DKI Jakarta.

Sebelumnya, pasien tersebut mengeluhkan kesehatan selama beberapa hari setelah kembali dari perjalanan wisata ke beberapa negara di Eropa Barat pada 8 Agustus 2022 lalu.

“Sejak awal memang sudah diantisipasi, untuk adanya cacar monyet yang ada di luar negeri tapi baru terdeteksi hari ini, ternyata sudah masuk,” tambahnya.

Selain itu, cacar monyet dapat menular lewat kontak langsung dengan hewan yang sakit. Lalu dapat ditularkan antar manusia melalui benda yang terkontaminasi oleh virus.

Tetapi, penularan cacar monyet antar manusia tidak semudah itu. Cacar monyet dapat menular dari manusia ke manusia melalui kontak erat dengan droplet, cairan tubuh, atau kontak langsung kulit ke kulit yang ruam, termasuk kontak seksual.

Penularan juga bisa terjadi terhadap kontak tidak langsung oleh benda yang terkontaminasi, seperti pakaian, tempat tidur, handuk, atau peralatan makan yang belum dicuci.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait