Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Mengenal Arti Nama Metaverse Pengganti Facebook

Kintan Lestari,
29 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Mengenal Arti Nama Metaverse Pengganti Facebook
Image: CEO Facebook Mark Zuckerberg kemarin (28/10/2021) mengumumkan perusahaan induk Facebook telah mengubah namanya menjadi Meta. (Facebook/Mark Zuckerberg)

Jakarta - Facebook Inc kemarin (28/10/2021) resmi berganti nama menjadi Meta. Apa sih arti nama Meta yang jadi pengganti Facebook?

Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg kemarin mengumumkan perusahaannya telah mengubah namanya menjadi Meta saat presentasi yang memamerkan karya Facebook pada teknologi realitas virtual.

Meski Facebook Inc berganti nama, namun nama Facebook masih akan tetap ada meski hanya dalam bentu aplikasi media sosial. Begitu pun dengan aplikasi lain seperti WhatsApp atau Instagram. Tidak akan ada perubahan pada nama aplikasi.

Pergantian nama perusahaan induk Facebook menjadi Meta rupanya karena Mark Zuckerberg punya rencana untuk mengembangkan metaverse. Apa sih metaverse itu? 

Apa Itu Metaverse?

Melansir National World, Metaverse adalah dunia online tempat orang dapat bermain game, bekerja, dan berkomunikasi dalam lingkungan virtual.

Istilah tersebut mengacu pada dunia maya yang sejajar dengan realitas fisik, yang mana komunitas orang dapat berinteraksi dalam bentuk avatar. Hal ini dimungkinkan melalui penggabungan realitas fisik, augmented, dan virtual.

Menurut Zuckerberg, kini Facebook tidak bisa mewakili semua yang mereka lakukan.

“Membangun aplikasi media sosial kami akan selalu menjadi fokus penting bagi kami, tetapi saat ini seluruh merek kami sangat terkait erat dengan satu produk sehingga tidak mungkin mewakili semua yang kami lakukan hari ini, apalagi di masa depan," katanya dalam presentasi seperti dikutip National World, Kamis (28/10/2021). 

“Seiring waktu, saya berharap kami terlihat sebagai perusahaan metaverse. Dan saya ingin melabuhkan pekerjaan dan identitas kami pada apa yang sedang kami bangun," terangnya lagi.

Arti Nama Meta

Perusahaan induk Facebook berganti nama jadi Meta. Apa sih arti nama Meta yang jadi pengganti Facebook?

Dalam presentasinya, Mark Zuckerberg mengatakan ia memilih nama Meta sebagian karena "mencerminkan luasnya apa yang kami lakukan dan masa depan yang ingin kami bantu bangun".

Pria 37 tahun itu juga mengatakan dirinya memilih nama Meta karena kata tersebut berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'beyond atau melebihi'.

“Bagi saya, itu melambangkan bahwa selalu ada lebih banyak untuk dibangun; selalu ada bab selanjutnya dari cerita," jelasnya dalam presentasi.

“Bagi kami ini adalah kisah yang dimulai di kamar asrama dan tumbuh melampaui apa pun yang dapat kami bayangkan menjadi keluarga aplikasi yang digunakan orang untuk menemukan satu sama lain, untuk menemukan suara mereka, untuk memulai bisnis, komunitas, dan gerakan yang telah mengubah dunia," sambungnya lagi.

“Saya bangga dengan apa yang telah kami bangun sejauh ini dan bersemangat tentang apa yang akan terjadi selanjutnya saat kami bergerak melampaui apa yang mungkin terjadi hari ini," tutupnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait